Wamen KLHK Tinjau Lokasi Karhutla di Tumbang Nusa Pulang Pisau

IST/BERITA SAMPIT - Suasana pemadaman karhutla

PALANGKA RAYA – Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Bayu Permana diwakili Kasi Operasi Kasrem Kolonel Inf Rendra Dwi Ardhani, mendampingi Wakil Menteri Kementerian (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ) Alue Dohong menuju ke Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren, Kabupaten Pulang Pisau, untuk melaksanakan pemadaman api Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), tepatnya disamping SDN Bereng Kajang 1, Jumat 29 September 2023 kemaren.

Alue Dohong menyampaikan penanganan Karhutla Pemerintah Kabupaten/Kota beserta SOPD harus di keroyok secara bersama-sama untuk melakukan pemadaman api. Terutama diwilayah Tumbang Nusa (Pulang Pisau), Tanjung Taruna (Pulang Pisau), Kemeloh Baru (Palangka Raya).

BACA JUGA:   Pengurus HMI Korkom UPR dan Komisariat FKIP, FEB, Hukum dan Teknik Periode 2023-2024 Resmi Dilantik

Tiga titik lokasi tersebut penting untuk dijaga. Karena memiliki ketebalan gambut yang sangat dalam. Saat musim kemarau kondisi air kering dan drop turun saat terjadi kebakaran upaya pemadamannya sangat sulit.

“Tiga lokasi ini memiliki gambut yang sangat dalam. Ini yang harus kita jaga, dan dilakukan pembasahan seperti bubur dibasahin ditusuk seperti banjir lah,” ucapnya.

BACA JUGA:   DAD Kalteng Bersama Berbagai Lembaga dan Ormas Kembali Gelar Pasar Ramadan

Pembasahan yang ekstra diwilayah gambut yang sangat dalam perlu upaya penanganan prima. Sampai benar-benar gambut tersebut kondisinya seperti bubur. Barulah api Karhutla bisa padam sampai bagian dalam lapisan gambut yang terbakar.

“Itu salah satu caranya untuk pemadaman api yang tuntas dan kendala kita adalah sumber air permukaan musim kemarau saat el nino seperti ini sangat sulit,” lugasnya. (Hardi)