Anggota DPRD Barut Imbau Masyarakat Waspada ISPA

IST/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Barut, Rizal Farizal.

MUARA TEWEH – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara (Barut), Rizal Farizal meneruskan imbauan Pemerintah Daerah mengingat kualitas udy saat ini kurang baik untuk kesehatan dan harapannya kepada seluruh warga agar selalu mengenakan masker apabila ada keperluan mendesak, Selasa 3 Oktober 2023.

Berdasarkan surat edaran Penjabat (Pj) Bupati Barut untuk menghindari dampak buruk bagi generasi muda khususnya pelajaran diimbau untuk mengenakan masker dan perbanyak minum air mineral.

BACA JUGA:   Dewan Harapkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Katingan Tetap Terjaga dengan Baik

“Berdasarkan imbauan khususnya peserta didik SD, SMP dan SMA hingga perguruan tinggi diharapkan mengenakan masker ketika beraktivitas diluar rumah, serta perbanyak minum air putih,” ujarnya.

Selain itu imbauan untuk tidak membuka lahan dengan cara di bakar juga digalakkan guna mengantisipasi buruknya kualitas udara yang ada di Kabupaten Barut.

“Kami mengimbau kepada warga untuk tidak membakar lahan perkebunan, mengingat musim kemarau masih berlanjut,” katanya.

BACA JUGA:   Jangan Sampai UU dan PP Kewajiban Plasma Hanya Macan Kertas Semata

Adapun dampak buruk dari kualitas udara yang tidak menyehatkan itu bisa membuat infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA bahkan buruk baik pengidap asma.

“Dampak buruk dari kebakaran hutan dan lahan ini bisa saja membuat penderitaan asma sesak nafas, Adapun infeksi saluran pernapasan,” tutupnya.

(Redha)