BPBD Kabupaten Kapuas Bagikan Masker Gratis

HASAN/BERITASAMPIT - BPBD Kabupaten Kapuas membagikan masker gratis kepada masyarakat Kota Kapuas, di Masjid Agung Al Mukaram, Jalan Tambun Bungai.

KUALA KAPUAS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas membagikan masker kepada masyarakat Kota Kapuas yang terdampak akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kegiatan ini dilakukan di halaman Masjid Agung Al Mukaram, Jalan Tambun Bungai Kota Kapuas, Sabtu 7 Oktober 2023.

Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengatakan, pembagian masker ini bertujuan untuk melindungi kesehatan masyarakat dari dampak buruk asap karhutla yang menyelimuti Kota Kapuas sejak beberapa hari terakhir.

“Kami berharap dengan adanya pembagian masker ini, masyarakat dapat terhindar dari gangguan pernapasan dan penyakit lainnya akibat menghirup asap karhutla,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa BPBD Kabupaten Kapuas juga telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi karhutla, seperti melakukan patroli dan pemadaman api di lokasi-lokasi yang terbakar, serta melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya dan cara pencegahan karhutla.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat, untuk bersama-sama menangani karhutla ini,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang pengendara yang menerima masker dari BPBD Kabupaten Kapuas, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Alhamdulillah, saya senang sekali dapat masker dari BPBD. Saya merasa lebih aman dan nyaman untuk beraktivitas di luar rumah dengan menggunakan masker ini,” ujarnya.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Ia juga berharap agar karhutla segera berakhir dan asap segera hilang dari kota Kapuas. “Saya berdoa agar Allah memberikan hujan yang lebat untuk memadamkan api dan membersihkan udara dari asap,” katanya.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Kapuas, sejak 1 Januari hingga 4 September 2023 terjadi 68 karhutla dengan luasan lahan yang terbakar mencapai 580,6 hektar lahan akibat karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas.

Asap karhutla ini telah menyebabkan kualitas udara di kota Kapuas menurun drastis dan mencapai level berbahaya. BPBD Kabupaten Kapuas mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan di tengah kondisi asap karhutla ini.

(Hasan)