Diskeptan Sukamara Vaksinasi Rabies Dalam Rangka World Rabies Day

IST/BERITA SAMPIT - Petugas Diskeptan Sukamara saat melakukan vaksinasi rabies dalam rangka memperingati World Rabies Day.

SUKAMARA – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Diskeptan) Sukamara melalui Bidang Peternakan mengadakan vaksinasi rabies dalam rangka World Rabies Day yang dilaksanakan serentak secara nasional pada tanggal 7 Oktober 2023.

Kepala Bidang Peternakan Sri Pambudi mengatakan jika vaksinasi rabies dilaksanakan di Puskeswan Sukamara.

“Vaksinasi rabies ditujukan untuk hewan yang rentan rabies seperti Anjing, Kucing, Kera dan Musang. Tujuannya adalah untuk memberikan antibodi jika nantinya terjadi penularan virus Rabies oleh hewan lain,” kata Sri Pambudi, Sabtu 7 Oktober 2023.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan 

Menurutnya, kegiatan vaksinasi rabies tersebut juga dalam rangka pemecahan rekor Muri yaitu vaksinasi rabies terbanyak yang dilakukan serentak dalam rangka World Rabies Day.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi saat ini, telah divaksin anjing dan kucing sebanyak 100 ekor. Harapannya hal ini merupakan sarana sosialisasi pada masyarakat agar lebih meningkatkan kepedulian pada hewan kesayangannya terhadap penularan penyakit,” jelas Sri Pambudi.

Vaksinasi rabies merupakan hal sangat penting diberikan pada hewan-hewan peliharaan karena rabies merupakan penyakit zoonosis atau penyakit yang dapat menular pada manusia.

BACA JUGA:   H Windu Subagio Tegaskan Tidak Akan Maju Pada Pilkada Sukamara 2024

Sementara itu, Kepala Diskeptan Sukamara, Dwi Harsini menuturkan jika Pemerintah Kabupaten Sukamara mengharapkan agar setiap hewan yang tergolong HPR atau Hewan Penular Rabies divaksin secara rutin.

“Bagi hewan-hewan yang belum divaksin akan tetap dilayani walaupun bukan pada momen seperti ini. Silahkan menghubungi para dokter hewan atau langsung datang ke Pusat Kesehatan Hewan,” terang Kepala Diskeptan Sukamara menutup wawancara. (enn).