Pemkab Sukamara Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan 

ENN/BERITA SAMPIT - Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sukamara Yofi Yudistira bersama jajaran saat mengikuti apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan secara daring.

SUKAMARA – Pemerintah Daerah Kabupaten Sukamara mengikuti apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan jelang Idulfitri yang dilaksanakan oleh Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (Bapanas/NFA) dan diikuti seluruh daerah di Indonesia secara daring termasuk Pemkab Sukamara.

Apel siaga digelar rangka Pembahasan Langkah Konkret Pengendalian Inflasi di Daerah Tahun 2024 dan Memastikan Ketersediaan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Menjelang, Selama, dan Pasca Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Idulfitri 2024.

Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sukamara Yofi Yudistira mengatakan bahwa Apel tersebut merupakan salah satu upaya dalam rangka menjaga ketersediaan dan stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang Idulfitri.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Intervensi Harga Cabai, Upaya Tekan Inflasi Jelang Ramadan

“Apel siaga ini merupakan program nasional yang digelar serentak seluruh Indonesia 38 provinsi dan 514 kota melaksanakan apel siaga serta pasar murah,” kata Yofi Yudistira usai mengikuti apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan di Pasar Saik, Senin 1 April 2024.

Menurut Yofi, beberapa komoditas pangan di Kabupaten Sukamara mengalami kenaikan harga sejak awal Ramadan, Pemkab Sukamara juga telah beberapa kali menggelar pasar murah untuk menekan inflasi dan gejolak kenaikan harga pangan tersebut.

BACA JUGA:   Sekda Sukamara: Libatkan Anak Dalam Proses Pembangunan Daerah

“Apalagi jelang lebaran yang merupakan momentum dan selalu menjadi perhatian pemerintah karena pada saat tersebut harga pangan mengalami fluktuasi yang cukup besar mengingat permintaan pangan meningkat,” terang Yofi Yudistira.

Yofi berharap dengan adanya pasar murah yang digelar oleh Pemerintah Daerah dalam rangka menekan kenaikan harga pangan dan inflasi dapat meringankan beban masyarakat. (enn)