Legislator PKS Imbau Orang Tua Tak Izin Anak Gunakan Sepeda Motor

LULUS/BERITA SAMPIT- Anggota DPRD Mura, Imanudin

PURUK CAHU- Anggota DPRD Murung Raya, Imanudin menghimbau orang tua agar menunda izin anak-anak mereka untuk menggunakan sepeda motor.

“Ini merupakan langkah yang positif untuk meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor roda dua oleh anak-anak pelajar yang belum memenuhi syarat,”ujarnya, Sabtu 7 Oktober 2023.

Bahkan, Imanudin memberikan apresiasi upaya sinergi antara pihak kepolisian, Dinas Perhubungan, dan anggota DPRD di Murung Raya ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tertib di jalan raya, terutama bagi para pelajar yang menjadi fokus utama dalam upaya ini.

Anggota DPRD Murung Raya, Imanudin menyambut baik inisiatif Dinas Perhubungan dalam menyediakan sarana transportasi.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Mereka masih di bawah umur dan belum memiliki pengetahuan yang cukup dalam berlalu lintas. Kita harus prioritaskan keselamatan mereka,”ucapnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Murung Raya, Ipda AndrI Wicaksono menyatakan pentingnya pendekatan persuasif dalam penegakan hukum.

Menurutnya, upaya ini dilakukan untuk membangun kesadaran dan ketaatan terhadap hukum lalu lintas di jalan raya. Sosialisasi telah dijalankan ke berbagai lapisan masyarakat, termasuk ke sekolah-sekolah.

“Kita memberikan pemahaman kepada para pelajar mengenai ketentuan-ketentuan berlalu lintas dan mengapa sepeda motor tidak boleh digunakan oleh mereka yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM),” kata Kasatlantas Iptu Andri Wicaksono.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Murung Raya, Putu Suranta, menjelaskan rencana pihaknya untuk menyediakan sarana angkutan berupa Bus Sekolah beserta supirnya. Hal ini bertujuan untuk mengatasi kebutuhan transportasi darat, khususnya para pelajar.

“Kami akan meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana berupa Bus Sekolah untuk antar jemput siswa-siswi pelajar dari tingkat SD hingga SMA. Kami juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk menentukan sekolah mana yang memerlukan layanan ini,” beber Putu.(Lulus)