Pemkot Palangka Raya Lakukan Penanaman Padi Jenis Serindit

IST/BERITASAMPIT - Pj Wali Kota Palangka Raya bersama dinas DPKP melakukan penaman padi.

PALANGKA RAYA – Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota setempat melakukan penanaman padi varietas unggul jenis Serindit di Kebun Tani Belakang Kantor DPKP setempat.

Kegiatan penanaman padi tersebut juga diikuti oleh sejumlah kepala perangkat daerah Pemkot Palangka Raya dan sejumlah kelompok tani di kota setempat.

Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan kegiatan tersebut merupakan langkah untuk meningkatkan produksi tanaman pangan khususnya padi. Dipilihnya padi varietas jenis Serindit karena memiliki potensi hasil yang tinggi dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca.

BACA JUGA:   Pernyataan Sikap BKMP se-Kalimantan Terkait Kondisi Papua

“Oleh sebab itu, diharapkan dapat meningkatkan produksi padi lokal dan mendukung ketahanan pangan warga Kota Palangka Raya. Ini juga akan dicoba untuk tanaman lain nantinya,” kata Hera, Senin 9 Oktober 2023 kemarin.

Hera menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan petani dalam mengoptimalkan hasil pertanian. Dia berharap melalui program tersebut, petani lokal dapat merasakan manfaatnya dalam peningkatan produksi padi dan kesejahteraan mereka.

Lebih lanjut Hera menjelaskan bahwa penanaman padi varietas unggul Serindit ini juga menjadi bagian dari komitmen Pemko Palangka Raya dalam menjaga keseimbangan antara urbanisasi dan pertanian.

BACA JUGA:   Pencurian Modus Pecahkan Kaca Mobil, Uang dan Laptop Milik Perempuan di Palangka Raya Raib usai Membeli Takjil

“Sehingga masyarakat kota tetap memiliki akses yang cukup terhadap pangan berkualitas. Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan dan upaya pencegahan inflasi,” ungkapnya.

Kepala DPKP Kota Palangka Raya, Sugiyanto mengatakan tujuan pelaksanaan penanaman padi ini untuk memanfaatkan lahan yang kurang produktif menjadi produktif dan sebagai kebun percontohan atau percobaan.

“Selain itu sebagai sarana informasi dan penyuluhan dengan harapan kebun tani ini bisa menjadi sarana informasi bagi para petani yang ada di Kota Palangka Raya,“ tandasnya.

(Syauqi)