Pangeran Panjijaya Prawirakusumah Kenalkan Batik Kraton Cirebon di Istana Negara

IST/BERITASAMPIT - Sultan Aloeda II bersama Patih Sepuh Panji Jaya dari Keraton Kasepuhan Cirebon saat diundang ke Istana Negara oleh Presiden Jokowi untuk menampilkan motif batik Kratonan Cirebon.

CIREBON – Batik yang merupakan salah satu aspek budaya yang berupa seni adi busana sudah mendunia. Begitu juga dengan batik asal Cirebon berupa batik motif mega mendung, motif wadasan serta motif batik lainnya menjadi dikenal juga.

Hal ini disampaikan oleh Pangeran Panjijaya Prawirakusumah yang belum lama ini diundang ke Istana Negara oleh Presiden Jokowi untuk menampilkan motif batik Kratonan Cirebon.

BACA JUGA:   Banggar DPR RI: Ramadan Jadi Katalisator Pertumbuhan Ekonomi Nasional

“Saya berterima kasih sekali diberi kesempatan untuk mengenalkan batik Kraton Cirebon di Istana Negara,” ujar Panji Jaya di kediamannya.

Pemilik Sanggar Seni Kencana Ungu yang juga Patih Sepuh Kraton Kasepuhan menjelaskan bahwa dirinya didampingi Sultan Kasepuhan, Aloeda II saat berangkat ke Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo.

“Dari kesekian raja-raja Nusantara, Keraton Kasepuhan diberi kesempatan untuk mementaskan batik peninggalan leluhurnya,” tambah Pangeran Panji Jaya.

BACA JUGA:   Mukhtarudin Bersyukur Keberhasilan Partai Golkar di Pileg dan Pilpres 2024

(Ahmad Jajuli)