Percepat Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Tiga Aspek Utama Berikut Ini

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong saat foto bersama usai kegiatan kegiatan sosialisasi inovasi perangkat daerah dan penandatanganan komitmen bersama seluruh kepala perangkat daerah lingkup Pemerintah Gunung Mas Tahun 2023.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan sosialisasi inovasi perangkat daerah dan penandatanganan komitmen bersama seluruh perangkat daerah lingkup pemerintah setempat. Senin 16 Oktober 2023.

Dimana, sosialisasi inovasi perangkat daerah adalah suatu langkah penting dalam meningkatkan kinerja pemerintahan daerah. inovasi adalah kunci untuk memajukan suatu daerah, dan daerah yang tidak menerapkan inovasi akan tertinggal jauh dibandingkan dengan daerah lainnya.

Terkait hal tersebut, Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menyampaikan, inovasi daerah menjadi sarana yang sangat penting bagi pemerintah untuk mendorong terciptanya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan masyarakat yang lebih produktif, efisien, dan efektif. Peraturan Pemerintah nomor 38 Tahun 2017 menjadi dasar yang mengatur tujuan dari inovasi daerah, yaitu meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

“Yang menjadi fokus inovasi daerah adalah mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui tiga aspek utama, yakni, peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan partisipasi masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah,” ungkap Jaya Samaya Monong.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Berbagi, Kapolres Turun Langsung Bagikan Takjil ke Masyarakat

Lebih lanjut dikatakannya, dalam konteks pemerintah daerah, dikenal tiga bentuk inovasi yang memiliki dampak besar yakni, inovasi tata kelola meliputi inovasi dalam pelaksanaan manajemen pemerintahan daerah, termasuk penataan tata laksana internal dalam pelaksanaan fungsi manajemen dan pengelolaan unsur manajemen.

“Ada juga Inovasi pelayanan publik terhadap inovasi dalam penyediaan layanan kepada masyarakat atau pihak lain yang mencakup proses pemberian layanan barang/jasa publik. Inovasi bentuk lainnya dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah, seperti pemberdayaan ekonomi, sosial budaya, adat istiadat,” tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, ia mengharapkan penting bagi seluruh aparatur negara untuk terlibat aktif dalam mendorong dan mendukung inovasi di pemerintah daerah. Penghargaan seperti piagam penghargaan dan piala bagi pemenang lomba inovasi Perangkat Daerah merupakan bentuk apresiasi yang tinggi terhadap kontribusi dan dedikasi mereka dalam menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi kemajuan Daerah.

BACA JUGA:   Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Pemerintahan

“Terima kasih kepada semua perangkat daerah yang telah berpartisipasi dalam lomba inovasi, karena kontribusi ini dapat membuktikan adanya semangat inovasi yang kuat di perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas,” harap Jaya Samaya Monong.

“Dengan terus mendorong inovasi, kita akan menciptakan perubahan positif yang signifikan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan masyarakat di daerah kita sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Gunung Mas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri atau (Berjuang Bersama),” tutupnya. (Ale)