BMKG Prediksi Musim Hujan di Kalteng Masuk Pada Oktober Hingga November

SYAHYUDI/BERITA SAMPIT - Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut, Catur.

PALANGKA RAYA- Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut, Catur Winarti mengatakan bahwa prediksi musim hujan di Kalimantan Tengah kemungkinan masuk pada bulan Oktober II – November II. Pada Oktober arah angin sudah mulai masuk musim peralihan, walaupun El-nino potensi curah hujan sudah mulai terjadi.

“Cuman memang urutannya itu dari sisi utara, jadi musim hujan kita itu akan datang dari sisi utara, kemudian ke tengah baru bagian selatan yang terakhir di November,” jelasnya, Senin 16 Oktober 2023.

BACA JUGA:   Road to Pocari Sweat Run 2024, Perkenalkan Pesatnya Pembangunan Kalteng

Jadi, memang hingga masuk musim hujan nanti di 18 Oktober, memang saat ini masih masuk TMC. Dia berharap musim hujan bisa merata di seluruh Kalteng.

“Maka dari itu saat ini kita masih melihat potensi di 18 hingga 22 pertumbuhan awannya mulai bagus dan saat ini potensi hujan di tempat kita masih bervariasi, secara umum masih rendah, sedangkan curah hujan yang tinggi terjadi di bagian utara, sedangkan wilayah Karhutla kita ada di bagian selatan,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Kian Mesra, Apakah Pertanda Ketum PBSI Kota Bakal Dampingi Fairid Naparin di Pilwilkot Palangka Raya?

“Jadi memang kerja keras teman-teman tim TMC di lapangan yang mengejar awan tapi awan ada di tengah dan utara, tapi perkembangan terakhir dari radar cuaca potensi hujan sudah di selatan,” sambungnya.(yud)