Pemda Perlu Maksimalkan Sektor Pendukung Ketahanan Pangan

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua II DPRD Kalteng Jimmy Carter

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua II DPRD Kalteng Jimmy Carter mengimbau pengembangan sektor pendukung ketahanan pangan di Kalteng ini perlu dimaksimalkan oleh pemerintah daerah (pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota.

Sektor pendukung itu yakni meliputi perternakan, perikanan maupun perkebunan hortikultura. Sebab selain pertanian padi, perternakan, perikanan dan perkebunan hortikultura juga merupakan sektor strategis guna mendukung ketahanan pangan.

“Kita tentu mendukung pemda memaksimalkan sektor-sektor strategis itu, seperti yang sudah berjalan yakni peternakan sapi Sukamara Ranch. Tapi yang kita harapkan tidak hanya itu saja, namun yang lainnya juga,” ucapnya, Rabu 18 Oktober 2023.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

Ia menjelaskan, seluruh daerah di Kalteng pastinya memiliki potensi untuk mengembangkan sektor pendukung ketahanan pangan tersebut, maka ada baiknya daerah-daerah yang berpotensi dicanangkan program pengembangan berskala besar.

“Misalnya di wilayah DAS Barito, disana itu potensinya sangat besar untuk mengembangkan peternakan, perikanan dan perkebunan hortikultura. Tinggal hanya programnya pengembangannya dicanangkan dan dijalankan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Apresiasi Kepolisian Ungkap Kasus Pencurian Pecah Kaca Mobil

Ia meyakini, apabila pemda benar-benar mampu melirik serta memaksimalkan potensi yang ada disetiap daerah di Kalteng, maka kedepan provinsi ini akan dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan bahkan juga jika berhasil berpotensi untuk menjadi lumbung pangan.

“Dalam upaya mengembangkan sektor itu juga diperlukan sinergitas atau kerja sama baik dengan investor maupun masyarakat. Tentu kita sangat berharap Kalteng bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan daerah kedepan,” tandasnya. (Hardi)