Dewan Minta Pelaku UMKM Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi, Jangan Terfokus pada Pemasaran Tingkat Daerah

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Ina Prayawati

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalteng Ina Prayawati mendorong, kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Kalteng untuk dapat terus meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usaha.

Ia menjelaskan, meningkatkan kreativitas dan inovasi sangat penting terlebih diera perkembangan zaman saat ini, sehingga produk UMKM dapat lebih dikenal luas dan pemasarannya pun bisa menjangkau semua tingkatan.

“Selain kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan produk, gaya pemasarannya juga agar ditingkatkan dengan memanfaatkan apa yang ada ditengah perkembangan zaman saat ini misalnya e-commerce,” ucapnya, Jumat 20 Oktober 2023.

BACA JUGA:   Sektor Kesejahteraan Rakyat Harus Terus Diperhatikan

Ia menambahkan, dalam memasarkan produk UMKM, pelaku usaha jangan hanya terfokus pada pemasaran tingkat daerah saja tapi juga agar bisa merambah pada tingkat nasional hingga internasional atau menca negara khususnya pada kegiatan ekspor.

Selain itu, peran pemerintah juga sangat diharapkan membantu dalam pengembangan serta pemasaran produk UMKM, terutama bagi pelaku usaha dengan modal terbatas dan belum memiliki jaringan yang luas, sehingga bisa berkembang dan maju.

BACA JUGA:   Pembangunan Jaringan Listrik di Wilayah Kalteng Agar Dikebut

“Untuk dampak positif, khususnya perekonomian dari UMKM ini tidak hanya bisa dirasakan oleh pelakunya saja, tapi juga daerah. Sehingga, peran serta pemerintah diharapkan dalam pengembangan, selain dari adanya kreativitas dari pelaku UMKM itu sendiri,” pungkasnya. (Hardi)