Ratusan Anak Ikuti FASI ke II BKPRMI Gunung Mas

IST/BERITA SAMPIT - Ketua panitia FASI ke II tingkat Kabupaten Gunung Mas, Isnaini saat menyampaikan laporan. 

KUALA KURUN – Ratusan anak dari berbagai kecamatan mengikuti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) ke II yang digelar oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Gunung Mas. FASI merupakan program unggulan BKPRMI daerah setempat yang dilaksanakan setiap tahun.

“Dengan adanya kegiatan FASI ke II yang dilaksanakan oleh BKPRMI Kabupaten Gunung Mas, dapat dijadikan tempat unjuk kebolehan dan kreatifitas anak, dan juga dijadikan sebagai wahana mengekspresikan kepribadian anak sebagai anak indonesia yang sholeh/sholehah, anak indonesia yang menjadi dambaan orang tua, bangsa, negara dan agama,” ungkap Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, Sabtu 21 Oktober 2023.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam kegiatan FASI tersebut, Jaya berpesan agar jangan hanya mengejar kemenangan saja, tetapi jadikanlah kegiatan ini untuk memperkokoh jalinan silaturahmi, untuk mewujudkan ukhuwah islamiyah bagi seluruh komponen bangsa, khususnya anak-anak di wilayah Kabupaten Gunung Mas.

BACA JUGA:   Kapolsek Kahut Berikan Bantuan Sosial untuk Korban Kebakaran

“Saya berharap kepada anak-anak ku, Ikutilah perlombaan ini dengan semangat, penuh optimis dan berdoalah semoga dapat tercapai,” tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, ketua panitia FASI ke II tingkat Kabupaten Gunung Mas Isnaini menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan wujud nyata program BKPRMI Kabupaten Gunung Mas.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan generasi muda yang kreatif, berilmu, mandiri dan berakhlakul karimah,” sebut Isnaini.

Selain itu kata dia, FASI ke II tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2023 menjadikan wadah bagi anak-anak, pemuda dan pemudi islam untuk berkreasi dan menyalurkan bakat serta sebagai bentuk seleksi untuk melanjutkan ke tingkat provinsi.

“Ada beberapa perlombaan yang dilaksanakan pada FASI ke II tingkat Kabupaten Gunung Mas Tahun 2023, dan ikuti sebanyak 185 peserta yang ada wilayah Kabupaten Gunung Mas,” ujarnya.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Kembali Bagikan Takjil Kepada Masyarakat

Adapun cabang perlombaan yang diselenggarakan tersebut yakni,  TKA (usia 5-7 tahun) terdiri dari lomba nasyid islami dan lomba peragaan sholat. Sedangkan untuk TPA (usia 7-12 tahun) dengan cabang lomba tartil qur’an, nasyid islami, cerdas cermat dan lomba menggambar.

Selanjutnya pada cabang lomba Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA) (usia 12-15 tahun) dengan cabang lomba yakni, lomba cerdas cermat, kisah islami dan lomba kaligrafi.

“Kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dapat menganggarkan untuk anak-anak, pemuda dan pemudi islam yang terpilih sebagai juara pada FASI ke II untuk maju pada fasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah,” harapnya. (Ale)