Dampak Musim Kemarau, Sektor Perikanan Alami Penurunan

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi, saat memantau kondisi sungai.

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi mengungkapkan bahwa musim kemarau yang terjadi saat ini berdampak pada sektor perikanan.

“Hal ini disebabkan karena kondisi kekeringan hingga surutnya air sungai tentu berdampak pada produksi hasil ikan, salah satunya yang berdampak produksi ikan sungai dari perairan Kota Palangka Raya mengalami penurunan,” jelasnya, Selasa 24 Oktober 2023.

BACA JUGA:   Road to Pocari Sweat Run 2024, Perkenalkan Pesatnya Pembangunan Kalteng

Dampak yang terjadi akibat dari hal tersebut tentunya membuat harga ikan-ikan sungai mengalami kenaikan, untungnya sekarang ini dibantu dari ikan budidaya sehingga harga relatif stabil.

“Langkah yang diambil dari dampak kemarau ini dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan Restocking ikan di beberapa wilayah sebagai upaya meningkatkan lagi populasi ikan serta meningkatkan kembali hasil produksi nelayan tangkap,” tuturnya.

BACA JUGA:   Simpan Tiga Paket Sabu, Pria di Palangka Raya Ditangkap Polisi 

Selain itu, rencananya sekitar pada November nanti akan dilakukan pelepasliaran ikan di sejumlah perairan di wilayah Kota Palangka Raya.

“Saya berharap musim kemarau yang terjadi saat ini segera berlalu sehingga populasi ikan di perairan dapat meningkat kembali,” ungkapnya. (yud)