Bunda PAUD Diharapkan Saling Bersinergi Persiapkan Pendidikan Anak Usia Dini

IST/BERITA SAMPIT- Kepala Bidang PAUD dan PNF Disdik Kotim, Legendaria Okta Bellary Nusaku.

SAMPIT – Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (PAUD dan PNF) Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur (Kotim) harapkan semua Pokja PAUD ada di wilayah tersebut untuk saling bersinergi.

“Dengan sudah dikukuhkannya Pokja Bunda Paud tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kotim maka Kita Bisa saling bersinergi dalam mempersiapkan pendidikan anak usia dini,” ujar Kepala Bidang PAUD dan PNF, Legendaria Okta Bellary Nusaku, Kamis 26 Oktober 2023.

BACA JUGA:   WBP Beragama Kristen Rutin Ikuti Kegiatan Pembinaan Kerohanian

Menurutnya, Peran Bunda PAUD sangat penting karena merupakan tokoh sentral dalam gerakan nasional PAUD dan pelindung atau pengayom dalam penyelenggaraan PAUD di wilayahnya.

“Anak-anak PAUD dalam mempersiapkan diri untuk memasuki pendidikan lebih lanjut yakni sekolah dasar dan memiliki pondasi yang kuat,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga menekankan bahwa segala proses kegiatan yang dilaksanakan oleh Bunda PAUD harus sejalan dengan program dari Kemendikbudristek dengan kebijakan merdeka belajar episode ke–24 merupakan kebijakan yang mendasari transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dimulai sejak tahun ajaran baru tahun 2023/ 2024.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Akan Panggil Kadis yang Enggan Jawab Pertanyaan Wartawan

“Dengan begitu Program dari Kemendikbudristek melalui Merdeka Belajar Episode ke-24 dari Transisi Paud ke SD yang Menyenangkan dapat dilaksanakan dengan baik,” lanjutnya.

Kebijakan tersebut digulirkan guna mengakhiri mis konsepsi tentang baca, tulis, hitung pada PAUD dan SD/MI/sederajat kelas awal kelas 1 dan 2 yang masih sangat kuat di masyarakat. (Ibra).