Jelang Pemilu 2024, Politik di Kobar Cukup Unik Tapi Menarik

Ilustrasi : Kang Maman 

Oleh: Maman Wiharja/Gusti Syahwani (beritasampit.com Pangkalan Bun)

Menjelang Pemilu 2024, tampaknya politik di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) cukup unik tapi juga menarik untuk disimak, karena saat ini sejumlah anggota keluarga pejabat publik maju menjadi calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2024.

Seperti pantauan penulis, di Kantor KPU ada nama-nama mereka muncul pada daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) untuk pemilu 2024 yang diumumkan oleh KPU.

Tidak hanya itu, spanduk bahkan alat peraga kampanye juga sudah banyak beredar di sejumlah titik di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Lantas, siapa saja keluarga pejabat publik yang menjadi caleg, inilah pantauan penulis.

Muhamad Yasir Fajar Abrizal. Putra dari mantan Bupati Tahun 2022 Hj. Nurhidayah, mencalonkan dirinya sebagai anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2024. Anak dari Hj Nurhidah itu maju menjadi caleg Golkar di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 kotawaringin Barat yang meliputi Kecamatan Arut Selatan. Muhamad Yasir Fajar Abrizal terdaftar sebagai bakal caleg (bacaleg) Golkar nomor urut 1.

BACA JUGA:   Pj Bupati Buka Ramadan Cup Mini Soccer R88 Bersama Siwo PWI Kobar

Sementara Puri Sulung Hj.Nurhidayah Riska Agustin.S Ak telah masuk sebagai  Bacalon Anggota  DPRD Propinsi Kalteng dapil 3.

Menyusul adik kandun Ketua DPRD Kobar Muhammad Rusdi Gozali, yakni Rudi Iman Gunawan  juga kini telah menjadi bacaleg Kabupaten Kobar Dapil Satu Nomor Urut 3 meliputi Kecamatan Arut Selatan (Arsel).

Bahkan uniknya lagi di Kobar, ada satu keluarga Bapak, Ibu, dan anak kini sama-sama telah duduk di kursi ‘empuk’, yakni Brian Iskandar  dari Parai Nasdem (Putra Sulung H.Ujang Iskandar mantan Bupati Kobar) sekarang di DPRD Provinsi Kalteng.

Kemudin ayahhandanya H.Ujang Iskandar, melalui Pengganti Antar Waktu (PAW), mengganti Ary Egahni sebagai Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Tengah dari Partai NasDem . Juga Istrinya Ujang Iskandar, Ny.Yustina sekarang duduk di DPD RI Senayan Jakarta, sejak Tahun 2019.

BACA JUGA:   Aktif Sebagai Bhabinkamtibmas dan Pengurus Masjid, Kapolda Kalteng Beri Kejutan Berangkatkan Umroh Kepada Aiptu Hartono

Istri H. Muhamad Rachman bin H. Ebol  yang sejak 2019 sampai sekarang di DPD RI, telah mengajak istrinya dr.Hj.Erny Daryani.M, sejak Kamis 29 Desember 2022 sudah menyerahkan semua persyaratannya ke KPU Provinsi, sebagai Bacalon DPD RI.

Dan lebih uniknya lagi, jelang Pemilu 2024 hampir seluruh anggota dewan Kobar, kembali mencolankan diri. Ada yang sudah 2 kali bahkan 3 kali, masih ketagihan jadi Bacaleg. Masing dari mereka ada yang maju ke DPRD Provinsi Kalteng bahkan ke DPR RI.

Itulah sekilas politik unik di Kabupaten Kobar jelang Pemilu 2023.***