MIN 1 Kotim Rutin Gelar Salat Dhuha Berjamaah Setiap Jumat

IST/BERITA SAMPIT - Para siswa MIN 1 Kotim, sedang berdoa usai melaksanakan salat dhuha berjamaah, yang merupakan kegiatan rutin sekolah tersebut setiap hari Jumat, belum lama ini.

SAMPIT – Pembinaan karakter terhadap anak merupakan tanggung jawab kita bersama, terlebih di dunia pendidikan, guru memiliki peran penting terhadap diri anak didiknya. Kepribadian mereka untuk menjadi baik harus kita tanamkan melalui pembiasaan dan kegiatan yang positif.

Seperti yang dilakukan oleh Madarasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kotawaringin Timur, yang selalu mengajak anak didiknya melakukan salat dhuha bersama pada setiap hari Jumat.

Kepala MIN 1 Kotim Djumali mengatakan, pembinaan karakter melalui kegiatan salat dhuha ini dilakukan dalam rangka mengajarkan pembiasaan terhadap siswa.

Salat dhuha berjamaah juga dilaksanakan secara bersamaan baik dari dewan guru, staf tata usaha, serta para murid dari kelas satu sampai kelas enam.

BACA JUGA:   Polisi Ringkus Spesialis Curanmor di Sampit yang Resahkan Warga

“Salat dhuha ini kita laksanakan setiap pagi Jumat, dari mereka datang sudah kita susun dan kita kumpulkan, kemudian pukul 6.30 WIB kita mulai kurang lebih 10 sampai 15 menit saat dhuha, setelah itu kita dzikir, doa dan tausiyah singkat bergantian dari bapak maupun ibu gurunya,” kata Djumali, Sabtu 28 Oktober 2023.

Dia berharapan, kegiatan ini salah satu pendidikan berkarakter buat anak dalam hal membiasakan untuk salat di pagi hari sesuai dengan waktu salat dhuha.

“Insya Allah salat dhuha banyak bermanfaat bagi kehidupan anak didik kita, yang pasti menggiring kepada berbuat iman dan ketakwaan yang kita awali di pagi hari,” ucapnya

BACA JUGA:   Disdik Kotim Instruksikan Sekolah Implementasikan Pendidikan Antikorupsi 

“Selain itu, tentunya dengan salat dhuha segala aktivitas kita itu menjadi mantap dan nyaman, insya allah sukses dalam keyakinan terutama dalam hal mengenai rezeki,” sambungnya.

Djumali menambahkan, salat dhuha yang menjadi agenda rutin setiap hari Jumat oleh MIN 1 Kotim, mendapat sambutan luar biasa baik dari para siswa maupun orang tua.

“Animo anak-anak kita sangat luar biasa, mereka senang sekali ketika kita ajak. Terutama orang tua sangat luar biasa mendukung kita sepenuhnya dengan adanya kegiatan ini,” tandasnya. (ilm)