Jelang ANBK Tingkat SMP, Siswa Diminta Lakukan Persiapan

IBRAHIM/Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Muhammad Irfansyah.

SAMPIT – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengimbau kepada siswa sekolah menengah pertama (SMP) jangan merasa terbebani menjawab Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023.

“Jenjang SD selesai hari ini akan masuk ke jenjang SMP. Peserta harus santai jangan merasa beban karena ini bukan ujian yang harus memerlukan persiapan khusus,” kata Kepala Disdik Kotim, Muhammad Irfansyah, Kamis 2 November 2023.

Menurutnya, ANBK Ini hanya untuk pemetaan mutu sekolah, tidak berpengaruh terhadap nilai siswa. Untuk itu, pihaknya melalui kepala sekolah menghimbau siswa bahwa ANBK bukan ujian seperti UN sebelumnya namun sebagai bentuk transformasi pendidikan di tingkat sekolah.

BACA JUGA:   Perebutan Lahan Sawit di Pelantaran Kembali Memanas, Sejumlah Massa Bersenjata Lengkap Masuk ke Areal Kebun

“Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, pengajaran, dan lingkungan belajar di satuan pendidikan,” jelasnya.

Sebagai Dinas di daerah memiliki kewajiban untuk mempersiapkan sebaik-baiknya terkait sumber daya manusia baik murid dan pengawas maupun sarana dan prasarananya.

“Kami selalu turun tangan memastikan tidak ada siswa yang merasa terbebani sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik dengan melakukan pemantauan langsung ke sekolah-sekolah,” tuturnya.

BACA JUGA:   Polisi Buru Kakek Pelaku Pencabul Bocah Enam Tahun di Sampit

Sementara untuk jadwal pelaksanaan ANBK belum dijelaskan. Sementara pelaksanaan ANBK tingkat SD gelombang atau gelombang terakhir selesai hari ini 2 November 2023.

“Untuk ANBK tingkat SD sudah selesai, ada 365 SD yang melaksanakan ANBK dari gelombang 1-4” pungkasnya.

(Ibra)