Siswa SMP Negeri 1 Sampit Diharapkan Dapat Melestarikan Budaya Daerah dengan Pelaksanaan P5

NARDI/BERITA SAMPIT - Siswa-siswi SMP Negeri 1 Sampit saat melaksanakan P5 tema Kearifan Lokal tahun lalu.

SAMPIT – Siswa-siswi SMP Negeri 1 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diharapkan dapat melestarikan budaya, tradisi dan adat Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Kearifan Lokal.

“Pelaksanaan P5 yang kedua tahun ajaran ini mengambil tema kearifan lokal untuk kelas 7 dan wirausaha untuk kelas 8,” kata Kepala SMP Negeri 1 Sampit Maspa Puluhulawa, Selasa 7 November 2023.

Pelaksanaan P5 juga bertujuan menanamkan karakter dalam diri siswa dan menyerap nilai-nilai Pancasila dalam proses pengerjaannya yang dilaksanakan secara berkelompok tersebut.

BACA JUGA:   Sampit Kembali Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 6,0

Sementara itu Guru Bidang Kurikulum Fatimah menambahkan tema kearifan lokal mengeksprolari kebudayaan Kalteng dan pelaksanaannya difokuskan pada tanggal 13-18 November 2023, hasilnya nanti mereka bisa memunculkan ide bagaimana melestarikan budaya daerah agar tidak punah.

“Bisa melalui belajar membuat makanan tradisioal, membuat video wisata budaya, belajar seni tari dan macam-macam nantinya,” ungkapnya.

Hingga siswa-siswi SMP Negeri 1 Sampit bisa mengenal budaya dan adat daerah mereka sendiri dan kemudian melestarikannya.

BACA JUGA:   SPBU Km 8 Tjilik Riwut Sampit Sudah Jalankan Tugas Sesuai SOP Penyaluran BBM Subsidi

Pada pelaksanaan puncak nanti akan menampilkan hasil P5 siswa bisa berupa produk, makanan, atau penampilan seperti tarian dan lainnya tergantung kelompok masing-masing apa yang mereka kerjakan.

“Hal ini menjadi wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimiliki melalui P5 dan dengan tema tersebut dapat berperan aktif melestarikan budaya, diharapkan kegiatan dapat berjalan lancar dan sukses nantinya sesuai tujuan dari P5,” pungkasnya. (Nardi)