Festival Literasi Wadah Untuk Mengenalkan Perpustakaan dan Arsip Kepada Masyarakat

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalteng Nunu Andriani.

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalteng Nunu Andriani menyampaikan, Festival Literasi merupakan agenda tahunan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah sebagai wadah untuk mengenalkan Perpustakaan dan Arsip kepada masyarakat melalui lomba-lomba literasi dan kegiatan literasi lainnya.

Hal ini disampaikannya saat menutup kegiatan Festival Literasi, di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng, Sabtu 11 November 2023 kemaren.

Tahun 2023 berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Pemerintahan Universitas Palangka Raya (FISIP UPR) merupakan awal yang baik sebagai sebuah bentuk sinergitas antara pemerintah daerah dan lembaga pendidikan.

BACA JUGA:   Demokrat Siapkan Junaidi untuk Maju di Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

Terselenggaranya festival Literasi Tahun 2023 ini merupakan dukungan terhadap kebijakan Bapak Gubernur Kalimantan Tengah untuk memperkuat sinergitas berbagai lembaga untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia menuju pencapaian Visi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang Makin Berkah.

“Dalam Festival Literasi Tahun 2023 ini, selain berbagai lomba, kami juga mengadakan Expo UMKM dan Bazaar Buku yang kami namakan KABALI, Kolaborasi antar lembaga Secara Holistik Berbasis Literasi Digital, sebuah Inovasi untuk mewujudkan kesejahteraan berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Tengah KABALI merupakan strategi peningkatan pengetahuan pelaku umkm melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah yang nantinya akan diperkuat dengan Peraturan Gubernur,” lugasnya.

BACA JUGA:   Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan Cegah Penularan DBD

Strategi ini diharapkan merupakan awal untuk sinergitas berbagai stakeholder, dalam perwujudan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, upaya bersama meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Hardi).