Upacara Pedang Pora Tandai Pelepasan Dua Personel Polres Gunung Mas Purna Tugas

IST/BERITA SAMPIT - Kabag Ren Kompol Amriansyah dan Kabag SDM AKP Made Suta saat mengikuti upacara pedang pora.

KUALA KURUN – Kepolisian Resort Gunung Mas, Kalimantan Tengah melepas dua orang personel yang memasuki masa purna tugas, yakni Kabag Ren Kompol Amriansyah dan Kabag SDM AKP Made Suta bertempat di Halaman Mapolres setempat.

Penghargaan yang diberikan oleh negara dan institusi Polri kepada anggota yang sudah memasuki masa pensiun ini dilakukan dengan upacara pedang pora serta pengantaran menggunakan mobil.

Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra berpesan agar para purnawirawan ini tetap memberikan sumbangsih, saran, dan masukan untuk Polres Gunung Mas serta yang terpenting adalah selalu menjaga silaturahmi.

“Purna bhakti menjadi suatu momen penting dalam kehidupan seorang polisi. Acara ini bukanlah sekadar upacara formalitas, tetapi lebih sebagai apresiasi atas pengabdian yang telah diberikan selama bertugas di lingkungan masyarakat,” ungkap AKBP Asep Bangbang Saputra, Senin 13 November 2023.

BACA JUGA:   Persiapan Pengamanan Idul Fitri, Polres Gunung Mas Gelar Rakor Lintas Sektoral

Lebih lanjut dikatakannya, selama menjabat sebagai anggota kepolisian, pengabdian yang telah diberikan sangatlah besar untuk masyarakat dan negara. Oleh karena itu, upacara Purna Bhakti menjadi suatu bentuk penghargaan dan terima kasih atas pengabdian yang sudah dilakukan selama ini.

“Purna Bhakti menjadi momen refleksi bagi setiap anggota kepolisian yang akan segera memasuki masa pensiun. Saya berharap kepada dua orang anggota yang purna tugas ini bisa terus memberikan sumbangsih positif bagi masyarakat meskipun sudah tidak aktif sebagai anggota kepolisian,” tuturnya.

Pengabdian terhadap masyarakat kata dia, tidak harus berhenti saat pensiun tiba. Setiap purnawirawan masih dapat memberikan dukungan, saran, maupun masukan untuk memajukan institusi kepolisian dan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:   Penggunaan APBD Harus Efektif dan Berpihak ke Masyarakat

“Pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh purnawirawan dapat menjadi sumber motivasi dan inspirasi baik dalam menjalankan tugas, meningkatkan keterampilan, maupun dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Sebagai masyarakat, kita pun dapat belajar dari nilai yang terkandung dalam upacara Purna Bhakti ini,” sebut Kapolres.

Dikatakannya, pengabdian dan kerja keras seorang anggota kepolisian merupakan bagian yang penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Oleh karena itu, mari kita hargai pengabdian mereka dan berterima kasih atas segala dedikasi yang telah diberikan dalam menjaga daerah. Semoga para purnawirawan selalu diberikan kesehatan, keselamatan, panjang umur serta rezeki yang lapang oleh Allah SWT. Selamat menjalani masa pensiun dan teruslah memberikan kebaikan bagi lingkungan sekitar,” tutupnya. (Ale).