Penggunaan APBD Harus Efektif dan Berpihak ke Masyarakat

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Rayaniatie Djangkan.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah diminta untuk meningkatan program dan kegiatan yang lebih efektif dan efisien untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di daerah setempat.

“Tahun 2024 ini, kita telah menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) senilai lebih dari Rp1,2 triliun, tentunya anggaran ini harus memberikan harapan besar bagi masyarakat Kabupaten Gunung Mas,”ungkap Anggota DPRD Gunung Mas Rayaniatie Djangkan, Kamis 14 Februari 2024.

Saat ini kata dia, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui perangkat daerah ingin mengarahkan APBD tersebut untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Terapkan Tes Urine Bagi Personel Tanpa Keterangan dan Anggota Miliki Penyakit Menahun Didata

“Saya berharap seluruh perangkat daerah harus lebih memperhatikan kegiatan-kegiatan yang lebih produktif dan positif bagi masyarakat, tidak hanya memberikan manfaat bagi ASN yang ada di perangkat daerah tersebut, tetapi juga memberikan manfaat kolektif yang lebih besar lagi untuk masyarakat,” tuturnya.

Dalam era modern seperti saat ini kata dia, APBD memegang peranan strategis dalam pengelolaan keuangan, terutama untuk mempromosikan kemajuan daerah. Dimana pada saat memanfaatkan APBD, penting untuk mempertimbangkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan memastikan program dan kegiatan yang dilakukan benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat.

BACA JUGA:   PPPK Harus Menunggu 10 Tahun Baru Bisa Mengajukan Pindah

“Penggunaan APBD harus benar-benar berpihak kepada masyarakat secara keseluruhan dan tidak hanya pada kepentingan ego sektoral semata. Program dan kegiatan yang ada, harus adil dan merata dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah,”tutup Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN). (Ale)