KPU Barsel Laksanakan Sosialisasi dan Bimtek SIKADEKA Pemilu 2024

DEDDY/BERITA SAMPIT : Parpol peserta pemilu 2024 saat mengikuti Sosialisasi dan Bimtek SIKADEKA.

BUNTOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) laksanakan, Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (SIKADEKA) Pemilu 2024.

Kegiatan tersebut diikuti, sebanyak 15 Partai Politik (Parpol) peserta pemilu 2024, Rabu 15 November 2023 bertempat aula KPU Barsel.

Komisioner KPU Barsel Gazalirrahman usai kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan tentunya juga berkaitan dengan Sikadeka yang merupakan salah satu aplikasi yang dibuat oleh KPU RI.

BACA JUGA:   Tokoh Muda ini Siap Bertarung di Pilkada Kotim

Dikatakannya, Sikadeka ini merupakan sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk membantu dalam mengelola kegiatan kampanye, pelaporan dana kampanye dan audit dana kampanye peserta pemilu tahun 2024.

“Untuk membantu mengelola kegiatan kampanye, mengelola pelaporan dana kampanye dan mengelola audit dana kampanye,” katanya.

Menurutnya, untuk laporan rekening hampir semua parpol sudah melaksanakannya hanya dua parpol yang belum dan tahapannyapun masih berjalan.

“Setelahnya nanti, baru mereka melaporkan dana awal kampanye dan aporan pengeluaran pelaksanaan kampanye,”jelas Gazalirrahman.

BACA JUGA:   Ini Pencapaian Demokrat Pada Pileg 2024, DPRD Kabupaten/Kota Turun Satu Kursi

Dengan telah dilaksanakannya kegiatan ini lanjutnya, diharapkan parpol peserta pemilu 2024 bisa mengetahui serta memahami akan aplikasi kampanye dan dana kampanye tersebut.

Kemudian mereka juga bisa membuat laporan secara jujur, baik dan benar serta tepat waktu sehingga pelaksanaan tahapan ini berjalan dengan baik dan benar.

“Juga tidak ada permasalahan dikemudian hari yang berimbas bisa membatalkan calon terpilih nantinya,” pungkasnya. (Deddy)