Bupati Gumas: Partisipasi Ormas Kunci Membangun Masyarakat Berkelanjutan

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong 

KUALA KURUN – Organisasi Kemasyarakatan (ormas) memiliki peran penting dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan. Salah satunya adalah dalam melestarikan lingkungan hidup dan sumber daya alam, serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya dalam membangun sebuah masyarakat yang berkelanjutan dan maju.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menyampaikan, partisipasi ormas menjadi kunci utama dalam membangun sebuah masyarakat yang berkelanjutan dan maju. Setiap ormas memiliki peran penting dan tanggung jawab untuk ikut serta dalam berbagai bidang pembangunan.

“Maka dengan itu, ormas berperan sebagai sarana untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan, seperti melestarikan lingkungan hidup dan sumber daya alam, menjaga nilai agama, serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,”ungkap Jaya Samaya Monong saat membuka kegiatan FGD tentang pembinaan dan pengawasan ormas, dalam rangka deteksi di̇ni̇ dan cegah di̇ni̇ untuk mewujudkan stabilitas keamanan di Kabupaten Gunung Mas, Jumat 17 November 2023.

BACA JUGA:   Jam Kerja ASN Selama Bulan Ramadan: Catatan Penting untuk Dipatuhi

Lebih lanjut dikatakannya, ormas memiliki peran penting dalam melestarikan lingkungan hidup dan sumber daya alam. Dalam rangka melestarikan dan menjaga kelestarian lingkungan hidup, ormas dapat melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, serta mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya.

“Ormas juga dapat mengadakan program penanaman pohon dan pembersihan sungai untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup,”tuturnya.

Selain itu, ormas juga dapat berperan dalam menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa dalam kehidupan bermasyarakat. Ormas dapat mengadakan kegiatan keagamaan seperti pengajian, doa bersama, dan kegiatan sosial yang bertujuan untuk menjaga nilai-nilai agama serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Terapkan Tes Urine Bagi Personel Tanpa Keterangan dan Anggota Miliki Penyakit Menahun Didata

“Hal ini juga dapat membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun masyarakat yang berkelanjutan, disamping itu memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Serta dapat mengadakan kegiatan sosial bersama untuk membantu masyarakat yang memerlukan, seperti membantu korban bencana alam atau membantu masyarakat yang kurang mampu,”tuturnya.

Disamping itu, ormas berperan sangat penting sebagai sarana untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan, seperti melestarikan lingkungan hidup dan sumber daya alam, menjaga nilai agama, serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Melalui berbagai kegiatan dan program yang dilakukan oleh ormas, masyarakat dapat lebih aktif dan berperan serta dalam membangun masyarakat yang lebih baik,”tutupnya. (Ale)