Peran Semua Pihak Penting Dalam Menggali Potensi Unggulan Untuk Meningkatkan Ekonomi

Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah Achmad Rasyid

PALANGKA RAYA – Setiap wilayah tentunya memiliki potensi unggulan yang berbeda. Oleh karena itu sangatlah penting strategi yang tepat dalam proses pengembangan potensi unggulan tersebut.

Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah Achmad Rasyid mengatakan, dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia membutuhkan komitmen dan kerjasama antara pemerintah, sektor pendidikan, lembaga pelatihan dan industri.

“Dengan memastikan kualitas sumber daya manusia yang baik, sektor-sektor unggulan dapat berkembang dan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi,” katanya, Rabu 22 November 2023.

BACA JUGA:   Persoalan Pendidikan di Kalteng Harus Segera Diselesaikan Secara Adil

Selain itu, untuk melihat potensi unggulan yang ada di wilayah, tentunya ini dapat dilakukan melalui analisis data ekonomi, kajian pasar, atau konsultasi dengan ahli ekonomi.

“Tidak hanya itu, dengan meningkatkan investasi dalam infrastruktur seperti jalan, jembatan, pelabuhan, dan energi untuk mendukung pengembangan sektor-sektor unggulan, akan lebih mempermudah distribusi produk dan meningkatkan daya saing,”tambahnya.

BACA JUGA:   Sektor Kesejahteraan Rakyat Harus Terus Diperhatikan

Dukungan dari pembuat kebijakan sangat penting dalam mendukung pengembangan sektor-sektor unggulan, karena dengan kebijakan ini dapat mendorong pertumbuhan dan investasi di sektor-sektor yang unggulan.

“Kemudian yang tidak kalah penting, pengembangan SDM, salah satunya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan sektor-sektor unggulan. Ini akan membantu meningkatkan produktivitas dan inovasi di sektor-sektor tersebut,” ungkapnya. (yud)