Ribuan Kotak Suara Tiba di Kantor KPU Kabupaten Gunung Mas

IST/BERITA SAMPIT - staf KPU Gunung Mas saat mengangkut logistik kotak suara pemilu 2024.

KUALA KURUN – Ribuan kotak suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dengan dua kendaraan truk. Kotak suara langsung disimpan di gudang logistik KPU setempat.

“Seluruh kotak suara berbahan karton duplex yang kedap air, dan jumlahnya sesuai kebutuhan untuk pemilihan umum, yakni 1.974 kotak suara. Kondisi semua kotak suara dalam keadaan baik, lengkap dan sesuai standar, tanpa adanya yang rusak,” ungkap Ketua KPU Gunung Mas Elfrinst G. Tumon, Rabu 22 November 2023.

BACA JUGA:   Optimalisasi Pertanian Melalui Gerakan Pemuda Tani Indonesia di Gunung Mas

Dikatakannya, kotak suara tersebut akan didistribusikan di 390 tempat pemungutan suara (TPS) dan masing-masing TPS akan diisi oleh lima kotak suara.

“Selain TPS ini, ada juga 24 kotak suara yang didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 12 kecamatan, yang akan digunakan untuk rapat pleno. Dimana setiap PPK akan menerima dua kotak suara,”tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk memastikan gudang penyimpanan logistik pemilu aman, pihak KPU akan mengoptimalkan keamanan dengan dukungan dari pihak kepolisian setempat yang telah melakukan pengamanan di kantor KPU.

BACA JUGA:   Penggunaan APBD Harus Efektif dan Berpihak ke Masyarakat

“Saat ini kami juga sudah melakukan pemasangan CCTV di beberapa titik, sebagai keamanan untuk mengawasi keadaan gudang logistik pemilu di kantor KPU,”sebutnya.

Sebelumnya, KPU kabupaten juga sudah menerima 1.560 bilik suara, 790 botol tinta coblos, dan 10.140 pcs segel plastik atau segel kotak suara. Tinggal menunggu logistik surat suara dan formulir dari KPU RI.

“Dengan persiapan ini, kami berharap dapat melaksanakan pemilihan umum 2024 dengan sukses dan menjaga transparansi serta integritas dalam pelaksanaannya,” tutup Elfrinst G. Tumon. (Ale)