Aplikasi SIAPDES Revolusi Digital Dalam Penyaluran Alokasi Dana Desa

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong Didampingi wakil bupati Efrensia L.P Umbing saat foto bersama usai kegiatan launching aplikasi SIAPDES.

KUALA KURUN – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Gunung Mas meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Penyaluran Alokasi Dana Desa (SIAPDes). Dilaksanakan di aula GPU Damang Batu Kuala Kurun, peluncuran ini diharapkan dapat menghasilkan suatu solusi untuk kendala keterlambatan penyaluran ADD yang sering kali terjadi.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menyampaikan, sebagai salah satu sumber pendapatan desa, ADD dianggarkan dalam APBD kabupaten/kota dengan besaran minimal 10 persen dari dana transfer Pemerintah Pusat kepada Pemerintah daerah dikurangi dana DAK.

“Dengan ADD ini, pemerintah desa dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Namun, terjadinya keterlambatan penyaluran ADD menjadi kendala utama karena Pemerintah Kabupaten Gunung Mas masih menggunakan sistem manual. Maka, sebuah inovasi dibutuhkan untuk mengakomodir masalah tersebut. Bersamaan dengan peluncuran aplikasi SIAPDES, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dapat merespon masalah penyaluran ADD secara lebih efektif,”ungkap Jaya Samaya Monong, Rabu 29 November 2023.

BACA JUGA:   Bupati Gunung Mas: KONI Sebagai Mitra Pemerintah dalam Membangun Program Olahraga yang Berkarakter

Disebutkannya, sistem informasi penyaluran alokasi dana desa sudah siap digunakan merupakan jawaban atas masalah tersebut. Peluncuran aplikasi tersebut adalah hasil sinergi antara Badan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunung Mas.

“Pengembangan aplikasi ini juga menunjukkan bahwa sumber daya lokal kita tidaklah kalah dari pihak luar, karena Tim IT Kabupaten Gunung Mas mampu membuat aplikasi sendiri. kita patut bersyukur atas aplikasi SIAPDES ini sebagai perwujudan kecerdasan lokal di Kabupaten Gunung Mas,”tuturnya.

Pada peluncuran SIAPDES ini kata Jaya, sebagai bagian dari tindak lanjut dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia dan percepatan pelaksanaan penyaluran ADD Kabupaten Gunung Mas.

Diaman, konsep pembangunan Kabupaten Gunung Mas adalah Smart Human Resources yang terlaksana berkat kerja keras dari seluruh tim panitia dalam acara ini.
.
“Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh tim yang telah berpartisipasi aktif dalam pembuatan aplikasi SIAPDES dan penyelenggaraan acara peluncurannya,”sebutnya.

BACA JUGA:   Tongkrongan Fery Penyeberangan Jadi Sasaran Jumat Curhat Polres Gunung Mas 

“Saya berharap, agar aplikasi SIAPDES ini dapat diimplementasikan dengan baik. Hal ini tidak diragukan lagi akan membawa kebaikan bagi kemajuan ekonomi masyarakat desa, mengoptimalkan fungsi sumber daya manusia dan seluruh potensi yang ada, serta membawa Kabupaten Gunung Mas ke arah perubahan yang lebih baik,”sambung Jaya Samaya Monong.

Disebutkan Jaya, pihaknya tidak menjamin bahwa semua masalah dapat terselesaikan, tetapi dengan adanya sistem informasi yang terintegrasi seperti SIAPDES, diharapkan keterlambatan penyaluran ADD dapat berkurang bahkan terhindar dari masalah yang sama di kemudian hari.

“Mari kita berpartisipasi aktif dalam mengaplikasikan sistem digital yang ada agar pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih efektif, efisien, dan berdaya saing,”tutupnya. (Ale)