Pemkab Kobar Tetap Semangat Berkomitmen Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pengembangan UMKM

Plh. Sekda Kobar Juni Gultom.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, berkomitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, hal itu dibuktikan dengan dukungan penuh dalam pengembangan usaha pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), dimana keberadaan UMKM ini memperkuat perekonomian. Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Kotawaringin Barat H.Budi Santoso melalui Plh. Sekda Kobar Juni Gultom, Kamis, 30 November 2023.

“Pemerintah daerah dan pemerintah pusat bersinergi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, hal itu terbukti dana insentif dari pemerintah pusat untuk meningkatkan pemberdayaan pelaku UMKM, dimana Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kobar telah menyalurkan bantuan hibah kepada pelaku UMKM, dalam pengembangan usaha, “Ujar Juni Gultom.

BACA JUGA:   Bulan Ramadan, Kapolres Kobar Imbau Personel Tak Kendur Jaga Kamtibmas

Juni Gultom mengatakan, peranan UMKM ini sangat penting, karena keberadaannya memperkuat perekonomian baik daerah maupun Nasional, sebab terpaan krisis ekonomi, pelaku UMKM masih mampu menunjukan eksistensinya. Mereka pun mampu menyerap tenaga kerja dan mampu mengurangi angka kemiskinan.

“Pertumbuhan pelaku UMKM saat ini sangat luar biasa, setiap pojok baik dalam kota Pangkalan Bun, hingga kota di Kecamatan, geliat ekonomi kian nampak dengan adanya UMKM, untuk itu pemerintah daerah Kobar pun memberikan dukungan penuh, saat ini pun telah ada Peraturan Bupati No 37 Tahun 2023, tentang kemudahan berusaha, Perlindungan dan pemberdayaan bagi UMKM,” Imbuh Juni Gultom.

BACA JUGA:   SMA Negeri 2 Kumai Bekali Siswa untuk Ikuti Olimpiade Sains Nasional

Menurut Juni Gultom, hadirnya pemerintah daerah dalam pengembangan UMKM, karena tanggung jawab pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga mensejahterakan masyarakat bukan sekedar slogan saja, akan tetapi benar benar terwujud. (Man).