Kalteng Harus Mandiri Dalam Penyediaan Pangan

HARDI/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Achmad Rasyid.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Achmad Rasyid menyampaikan, ketahanan pangan daerah khususnya Kalteng sudah semestinya diperkuat.

Ia menjelaskan, Kalteng harus dapat mandiri dalam hal penyediaan pangan, jangan sampai selalu bergantung dengan provinsi lain, sebab hal itu bisa menimbulkan berbagai dampak negatif.

“Salah satu dampak negatifnya yaitu harga mahal akibat biaya distribusi tinggi hingga keterlambatan jika terjadi kendala,” ucapnya, Sabtu 2 Desember 2023.

BACA JUGA:   Pentingnya Investasi Memberikan Dampak Positif Bagi Masyarakat

Oleh karena itu, penting bagi pemerintah daerah (pemda) di provinsi Kalteng memperkuat ketahanan pangan agar bisa menciptakan kemandirian, karena dampak positifnya akan sangat dirasakan.

“Dari segi harga tentu akan sangat jauh lebih murah dan distribusipun tidak memakan waktu lama. Jadi program pada ketahanan pangan harus digencarkan,” jelasnya.

Selain itu, dari sisi anggaran pun sebisa mungkin agar lebih dimaksimalkan atau ditambah dari anggaran yang ada, sehingga program ketahanan pangan bisa berjalan baik.

BACA JUGA:   Persoalan Pendidikan di Kalteng Harus Segera Diselesaikan Secara Adil

“Yang paling penting yakni berkesinambungan, apalagi kita ini merupakan penyangga IKN nantinya, pangan kita harus kuat dan manfaatkan SDA dalam daerah,” pungkasnya. (Hardi)