Curah Hujan di Katingan Tinggi, Instansi Terkait Diminta Siaga Pantau Daerah Berpotensi Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Dewan Perwakilan Rakyta Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono.

KASONGAN – Curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir di sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan menjadi ancaman serius yang perlu diwaspadai.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, meminta kepada instansi terkait agar selalu siap siaga dalam menghadapi bencana banjir di Kabupaten Katingan.

Hal itu disampaikan oleh anggota DPRD Katingan Rudi Hartono, menurutnya sejak dua pekan terakhir ini intensitas hujan saat ini cukup tinggi terjadi di beberapa wilayah di Katingan.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

“BPBD agar selalu siap siaga membantu masyarakat dalam kebencanaan atau saat masyarakat mengalami musibah. Termasuk musibah banjir,” kata Rudi Hartono kepada Berita Sampit pada Senin 4 Desember 2023.

Selain itu, Rudi juga mengingatkan BPBD agar selalu siap siaga mempersiapkan sarana dan prasarana (sarpras), hehingga ketika terjadi bencana banjir sarpras sudah tersedia.

“Seperti perahu karet untuk mengantar bantuan sembako dan untuk mengantar jemput masyarakat yang butuh pertolongan dan juga mengevakuasi masyarakat yang ingin mengungsi ke dataran yang lebih tinggi,”katanya.

BACA JUGA:   Seorang Pengendara Motor di Katingan Diduga Jadi Korban Tabrak Lari Truk Bermuatan

Sementra itu dia juga mengingatkan kepada BPBD turut mempersiapkan peralatan seperti tenda untuk penyelamatan para pengungsi, jika sewaktu-waktu ada masyarakat yang tempat tinggalnya mengalami banjir yang cukup besar.

“Kepada instansi terkait agar selalu siap siaga sewaktu-waktu datang bencana banjir agar dapat mempersiapkanya,” pungkasnya.

(Bitro)