Ketua DPRD Minta Satpol PP Kembali Rekrut Anggota Satlinmas

IST/BERITASAMPIT - Ketua DPRD Barito Utara, Mery Rukaini.

MUARA TEWEH – Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Mery Rukaini, meminta kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), untuk kembali melaksanakan kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) atau merekrut anggota Satlinmas atau Satuan Lindungan masyarakat.

“Pada tahap pertama ini hanya diikuti sebanyak 125 orang peserta, diharapkan nantinya akan ada lagi pelatihan pendidikan dasar untuk anggota Satlinmas,” kata Mery Rukaini, Selasa 5 Desember 2023.

Nantinya anggota Satlinmas berfungsi bukan hanya untuk pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saja akan tetapi juga sebagai pengamanan dan pelindung masyarakat khususnya di tingkat RT.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

“Keberadaan TPS di wilayah Kabupaten Barito Utara berjumlah 450 TPS dan yang dilatih saat ini hanya sekitar seperempatnya saja dari jumlah yang ada. Berarti setiap TPS akan ada satu-satu, kalau lebih berarti lebih dan itu akan lebih bagus lagi,” ucap dia.

Menurut srikandi Partai Demokrta ini hal itu bisa segera dan tepat sesuai dengan rencana, agar nanti bisa kembali di rekrut petugas-petugas linmas di desa atau kelurahan dengan memperhatikan usia dan kondisi fisik dengan yang baik.

BACA JUGA:   Jangan Sampai UU dan PP Kewajiban Plasma Hanya Macan Kertas Semata

“Hal-hal yang mendesak kita bisa menganggarkannya lewat perubahan seandainya itu sangat mendesak,” imbuhnya.

“Ini kan bahasanya urgen atau mendesak dalam menghadapi pemilu, pemilukada, PilPres, linmas ini sangat penting keberadaannya untuk tiap-tiap TPS di setiap desa. Hal ini perlu diusulkan kembali, apa kebutuhannya, nanti akan dibahas bersama oleh tim anggaran eksekutif dan pihak legislatif,” pungkasnya. (Iskandar).