70 Persen Kegiatan Membaca Masyarakat Kalteng Dilakukan Pada Saat di Rumah

Hardi/BERITA SAMPIT - Bunda Literasi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Bunda Literasi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran menyampaikan, berdasarkan kajian Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi yang bekerjasama dengan Dinas PerpustakaanKabupaten dan Kota terdapat hasil rendahnya tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan sertamasyarakat kalimantan tengah yang memanfaatkan perpustakaan.

Hal ini disampaikannya saat memberikan arahan kepada pengukuhan Bunda Literasi di Hotel Bahalap Palangka Raya, Jumat 8 Desember 2023.

Ia juga menyampaikan, perlu diketahui bahwa 70 persen kegiatan membaca masyarakat Kalimantan Tengah dilakukan pada saat di rumah dan sekitar 18 persen masyarakat menyatakan melakukan kegiatan membaca di Perpustakaan Umum.

BACA JUGA:   Kalteng Masuk 10 Besar Inflasi Terendah

“Melihat permasalah yang telah disebutkan tadi, maka diperlukan sebuah Kolaborasi serentak dan masif dari semua lembaga/swasta serta stakeholder yang ada, untuk mendukung pembudayaan gemar membaca di Provinsi Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Peran Bunda Literasi Provinsi/Kabupaten dan Kota sangatlah penting dalam membantu Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam menggalakkan promosi gemar membaca dalam meningkatkan literasi keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Gelar Peringatan Nuzulul Quran 1445 Hijriah

“Untuk itu, saya mengharapkan dukungan dari semua pihak agar cita-cita yang kita harapkan menjadi terwujud serta menjadi kenyataan, saya sangat berharap nantinya akan terjalin pula koordinasi antara Bunda Literasi dengan Perangkat Daerah, Organisasi Masyarakat, Taman Bacaan, Komunitas Literasi dan Komunitas lainnya dalam rangka peningkatan pembudayaan gemar membaca khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah,” pungkasnya. (Hardi)