Musim Hujan, Dewan Minta Saluran Irigasi Pertanian Berfungsi dengan Baik

AHMAD/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto.

KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Bejo Riyanto, mendorong kepada instansi terkait agar bisa memperhatikan saluran irigasi yang ada disejumlah lahan pertanian milik masyarakat Kabupaten Seruyan khususnya Kuala Pembuang.

“Kami minta kepada instansi terkait agar bisa melakukan pengecekan ataupun pemeliharaan rutin terhadap sejumlah saluran irigasi yang ada di sejumlah lahan pertanian milik warga, dan memastikan saluran tersebut bisa berfungsi dengan baik,” katanya, Minggu 10 Desember 2023.

Ia menjelaskan, mengingat saat ini disejumlah wilayah Kabupaten Seruyan mulai diguyur hujan, sehingga jika saluran irigasi disejumlah lahan pertanian milik warga tidak berfungsi dengan baik, bisa saja air merembes keluar dan membanjiri lahan milik warga.

BACA JUGA:   Dewan Apresiasi Giat Safari Ramadan Pemkab Katingan

Selain itu, saluran irigasi yang berfungsi dengan baik juga bisa dimanfaatkan bagi lahan warga yang memang kekurangan air, sehingga dapat mengairi sawah miliknya dan membuat tanaman bisa tumbuh dengan baik.

“Saluran irigasi bagi lahan pertanian itu keberadaannya sangat penting sekali, karena jika musim hujan bisa dipergunakan untuk mencegah banjir, dan bila ada sawah yang kekurangan air bisa memanfaatkan saluran irigasi tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA:   Dewan Ingat Perusahaan Terkait Kewajiban THR untuk Karyawan

Maka dari itu, ia mengharapkan masalah saluran irigasi di sejumlah lahan pertanian ini bisa diperhatikan oleh instansi terkait untuk menunjang aktifitas bertani dan meningkatkan hasil produktifitas panen mereka.

“Kalau yang belum ada saluran irigasinya diharapkan bisa segera dibuatkan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah pemeliharan saluran irigasi tersebut supaya bisa berfungsi dengan baik,” imbuhnya.