Bupati Gunung Mas Resmikan Pembangunan IPA Kapasitas 25 Liter per Detik 

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong saat meresmikan Pembangunan IPA Kapasitas 25 Liter per Detik.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas telah melaksanakan program pembangunan yang mengacu pada ketentuan, jenis, dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Dalam hal ini, salah satu jenis pelayanan dasar yang harus dipenuhi adalah pemenuhan kebutuhan pokok air minum yang sudah ditetapkan standarnya melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2021.

“Melalui anggaran APBD Tahun 2023, kita mampu membangun Instalasi Pengolahan Air dengan kapasitas debit 25 liter per detik untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan air minum bagi masyarakat menjadi prioritas utama kita,”ungkap Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, Selasa 12 Desember 2023.

Dikatakannya, dengan adanya pembangunan IPA tersebut, bisa semakin meningkatkan mutu pelayanan dan kesehatan kepada masyarakat berupa pelayanan air bersih dan air minum yang mudah diakses, mengalir lancar 24 jam dan dapat menambah jangkauan layanan air bersih ke semua masyarakat yang ada di Kabupaten Gunung Mas tanpa terkecuali.

BACA JUGA:   Wujudkan Gunung Mas Bebas Narkoba: Tugas Bersama Anak Muda dan Orang Tua

“IPA kapasitas 25 liter per detik ini akan dikelola oleh PDAM Kabupaten Gunung Mas. Kami dari pemerintah daerah sangat mengapresiasi pelaksanaan program ini, saya berharap pelayanan yang lebih luas lagi bisa diberikan oleh PDAM Kabupaten Gunung Mas dengan memanfaatkan IPA ini,”sebutnya.

Jaya menyebutkan, penting adanya pemantauan dan pemeliharaan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat dan PDAM Kabupaten Gunung Mas selaku pengelola, agar instalasi yang dibangun dapat berjalan dan berdampak maksimal.

“Kolaborasi bersinergi bersama semua pihak, dukungan eksekutif, sinergitas bersama masyarakat, dan dunia usaha sangat diperlukan untuk terjangkaunya layanan air bersih yang berkualitas. Kepada seluruh jajaran PDAM, terus tingkatkan kinerja terbaiknya dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” harap dia.

BACA JUGA:   Macan Gunung Mas Bukber Bersama Masyarakat

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten Gunung Mas ini berharap, PDAM mampu mengelola dan memanfaatkan IPA tersebut dengan baik dalam memberikan pelayanan terkait air bersih bagi masyarakat di Kabupaten Gunung Mas.

“Kami dari pemerintah daerah senantiasa berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakatnya dengan memenuhi kebutuhan dasar seperti air bersih dan air minum,ucap Jaya Samaya Monong.

“Kita percaya, dengan kerjasama dan sinergi yang baik, seluruh masyarakat Gunung Mas dapat menikmati layanan yang prima melalui program-program pembangunan yang dilakukan. Mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Gunung Mas menjadi lebih baik dan sejahtera,” tutupnya. (Ale)