Evaluasi Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2023, Kotim Pertama Terapkan Siskeudes Online

NARDI/BERITA SAMPIT- Bupati Kotim Halikinnor saat menyampaikan sambutannya.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar evaluasi pengelolaan keuangan desa akhir tahun anggaran 2023 di Gedung Serbaguna Sampit, Selasa 12 Desember 2023.

Kegiatan dibuka langsung Bupati Kotim Halikinnor menyampaikan untuk pengelolaan keuangan desa, Kotim termasuk kabupaten di Kalimantan Tengah (Kalteng) yang lebih awal menerapkan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) secara online dan Sstem Pengawasan Keuangan Desa (Siwaskeudes) secara online, dan website desa.

“Sebagai bentuk transparansi sudah 120 desa yang mengaktifkan, saya berharap 2024 semua desa telah mengaktifkan website desanya,” kata Halikinnor.

BACA JUGA:   Pesantren Ramadan Digelar, Pelajar Diingatkan Makmurkan Masjid

Untuk tahun 2024 berdasarkan laporan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), desa akan melaksanakan transaksi non tunai desa.

Ia berharap dapat diterapkan secara bertahap di seluruh desa di Kotim dan mendapatkan dukungan dari Bank Kalteng cabang Sampit dan Dinas Kominfo untuk Kelancaran transaksinya.

Dengan adanya transaksi non tunai ini akan meminimalisir terjadinya penyimpangan atau korupsi di desa. hendaknya dalam mengelola keuangan desa harus transparan dan akuntabel untuk kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:   Perkelahian Antar Pemuda di Terowongan Nur Mentaya Marak saat Ramadan

Halikin menambahkan, terkait dalam pengelolaan keuangan desa tahun anggaran 2023 berdasarkan laporan inspektur dan DPMD Kotim secara umum daerahnya sudah paling baik dari Kabupaten lain.

“Walaupun sudah baik, namun perlu adanya peningkatan, perbaikan- perbaikan kedepannya agar menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya. (Nardi)