Pesantren Ramadan Digelar, Pelajar Diingatkan Makmurkan Masjid

NARDI/BERITA SAMPIT - Suasana kegiatan pembukaan pesantren Ramadan di Islamic Center Sampit.

SAMPIT – Sebanyak 400 pelajar mengikuti kegiatan pesantren Ramadan di lingkungan Islamic Center Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rabu 20 Maret 2024

Kegiatan dibuka resmi oleh Bupati melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotim Wiyono yang berpesan agar peserta mengikuti kegiatan dengan baik.

“Tidak semua orang mendapatkan hidayah dan taufiq dari Allah, sehingga kita yang saat ini berkumpul disini, mau dan mampu memakmurkan masjid,” ungkapnya.

Ia juga berpesan agar para pelajar atau kaum muda bisa dekat dengan masjid, hatinya terpaut dengan masjid, dan aktif berkegiatan di masjid, terlebih sekarang ini adalah Ramadan.

BACA JUGA:   Korban Gantung Diri Sudah Tiga Kali Lakukan Percobaan Bunuh Diri

“Dalam keadaan menahan haus dan lapar, mungkin juga mengantuk, tapi dengan semangat mau berkumpul disini, untuk mengikuti Pesantren Ramadan,” ungkapnya.

“Pesantren Ramadan bukan hanya sekedar aktifitas rutin, tetapi juga merupakan momen berharga untuk memperdalam pemahaman agama dan meningkatkan keimanan. Ada pengalaman berharga yang akan didapatkan para pelajar dari sini, karena nantinya tidak hanya pemaparan materi, tapi juga akan ada praktik dan lomba yang diselenggarakan di Pesantren Ramadan,” imbuhnya.

BACA JUGA:   SPBU Km 8 Tjilik Riwut Sampit Sudah Jalankan Tugas Sesuai SOP Penyaluran BBM Subsidi

Kegiatan pesantren Ramadan diisi dengan berbagai materi mulai dari Tahsin ktabah, tuntunan salat-salat sunnat, fiqh puasa.

Sementara lomba yang dilaksanakan seperti Tahfidz juz 30 tingkat SMP dan SMA, Lomba rangking 1, lomba membuat video pendek kegiatan pesantren.

Kemudian khusus untuk SMA lomba hafalan doa tarawih, tahajjud, dhuha, untuk SMP lomba hafalan doa witir, tahajjud, dhuha. (Nardi)