Pergelaran Seni Budaya di Gunung Mas Melestarikan Adat dan Menumbuhkan Potensi Seniman Lokal

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong didampingi wakil bupati Efrensia L.P Umbing (kanan) saat foto bersama usai acara pergelaran seni dan budaya Kabupaten Gunung Mas Tahun 2023.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) daerah setempat melakukan pergelaran Seni Budaya, kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Kota Kuala Kurun, Sabtu 8 Desember 2023 malam.

Acara tersebut merupakan upaya pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk meningkatkan sumber daya pada bidang kesenian, khususnya para penggiat, pengurus dan pelatih sanggar seni yang ada di daerah setempat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, saya mengucapakan terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaan acara pergelaran seni budaya tahun 2023 ini, “ungkap Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong.

BACA JUGA:   Dinas PU Gunung Mas Selesaikan Rekonstruksi Jalan Piere Tendean III di Kecamatan Kurun

Sebagai daerah yang kaya akan seni dan budaya kata dia, kegiatan pergelaran Seni Budaya merupakan upaya dalam melestarikan adat budaya daerah serta menumbuhkan potensi minat dan bakat seniman-seniman lokal dalam menampilkan karyanya ke dalam ranah publik.

“Adat budaya daerah Gunung Mas yang unik dan khas, kini semakin dirawat dan dilestarikan dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Gunung Mas,”tuturnya.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Tingkatkan Produksi Sektor Pertanian melalui Program Kemitraan

Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan dapat membawa makna dan motivasi dalam meningkatkan kualitas seniman yang ada di Kabupaten Gunung Mas.

“Tak hanya itu, saya berharap kegiatan semacam ini juga dapat menarik perhatian wisatawan untuk mengenal adat dan budaya yang kita miliki, sehingga dapat mendukung pariwisata daerah,” bebernya. (Ale)