Sosialisasi Pendidikan Politik perkuat partisipasi Pemilih

IST/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Barito Utara, Iqbal Reza Erlanda.

MUARA TEWEH – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Iqbal Reza Erlanda, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi pendidikan politik dalam rangka memperkuat peran dan partisipasi masyarakat untuk mensukseskan pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024 yang diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

“Pendidikan politik merupakan proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah merupakan salah satu bagian dari kegiatan pendidikan politik,” katanya, Selasa 12 Desember 2023.

Ia menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pendidikan politik tersebut. Dengan adanya kegiatan itu menurutnya dapat meningkatkan partisipasi warga masyarakat di daerah bumi iya mulik bengkang turan sebagai pemilih yang baik dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

BACA JUGA:   Jelang Pilgub, Syauqie dan Iwan Kurniawan Kian Mesra

“Dengan adanya pendidikan politik ini nantinya dapat menambah wawasan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan, juga diharapkan para peserta sosialisasi dapat menyampaikan pada teman, keluarga, tetangga, dan kerabat disekitarnya bahwa betapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pemilu dan pemilukada,” kata politikus partai Denokrat ini.

Sesuai dengan hasil perhitungan suara KPU Barito Utara pada pemilihan bupati dan wakil bupati periode 2018–2023 lalu partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya hanya sekitar 65 persen dari jumlah DPT atau Daftar Pemilih Tetap.

BACA JUGA:   Tiga Pentolan Gerindra yang Berpeluang Maju di Pilkada Kotim

Iqbal mengajak dan menghimbau kepada semua warga masyarakat agar menggunakan hak pilihnya serta tidak golput atau tidak memilih, karena pesta demokrasi untuk memilih pemimpin yang diadakan setiap 5 tahun sekali.

“Satu suara kita sangat menentukan nasib bangsa dan daerah khususnya Barito Utara untuk lima tahun kedepan, jangan lupa pada 14 Februari 2024 mendatang gunakan hak pilih untuk menentukan pemimpin untuk masa depan,” ajak Iqbal. (Iskandar).