Meningkatkan Keamanan dan Kenyamanan Nataru, Polres Gunung Mas Siapkan Tiga Pos  Pengamanan 

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Wakapolres Gunung Mas Kompol Tri Wibowo.

KUALA KURUN – Dalam pengamanan perayaan Nata 2023 dan tahun baru 2024 di Kabupaten Gunung Mas, Polres Gunung Mas telah membangun pos-pos di beberapa wilayah untuk mengamankan pada saat perayaan Nataru.

“Kami membangun tiga pos untuk mengamankan perayaan Nataru ini. Tiga pos ini ada di Kecamatan Sepang, Kurun dan Rungan-Manuhing. Pengamanan ini akan dilaksanakan selama 12 hari mulai dari tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024,” ungkap Wakapolres Gunung Mas Kompol Tri Wibowo usai pimpin apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022, Kamis 21 Desember 2023.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk jumlah personil dari Polres Gunung Mas yang dilibatkan kurang lebih 60, ditambah dengan Personil dari TNI, satpol PP dan Dishub serta dari mitra-mitra dan potensi masyarakat yang ada di Kabupaten Gunung Mas yang sudah di konfirmasi.

“Mereka siap untuk membantu dalam melakukan pengamanan kegiatan Natal dan tahun baru 2024 di Kabupaten Mas ini,” tuturnya.

BACA JUGA:   Aksi 1 Analisis Situasi, Upaya Pemkab Gunung Mas Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan untuk Menurunkan Stunting

Selain pengamanan kata dia, pos-pos tersebut akan dilakukan penjagaan yang ketat oleh personil, selain itu personil akan memberi pelayanan kepada masyarakat yang memerlukan bantuan.

“Personel yang bertugas di pos-pos tersebut juga akan siaga selama 24 jam untuk memastikan keamanan wilayah sekitar,” kata mantan Kabag Ops Polres Gunung Mas ini.

Tidak hanya pengamanan wilayah, Polres Gunung Mas juga memperhatikan sisi kamtibmas dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. Setiap lokasi ibadah harus disterilisasikan dan melibatkan Organisasi Masyarakat (Ormas) keagamaan dalam pengamanan, sebagai wujud toleransi beragama.

“Untuk pengaman perayaan malam tahun baru, personel harus meningkatkan pengamanan pada kegiatan keramaian dengan maksimal. Diperlukan upaya patroli rutin pada objek vital, pusat ekonomi dan wisata, daerah rawan kejahatan serta pemukiman,” sebut dia .

BACA JUGA:   PPPK Harus Menunggu 10 Tahun Baru Bisa Mengajukan Pindah

Pada kesempatan itu juga ia mengimbau para pelaku usaha agar tidak menimbun stok bahan pokok penting supaya tidak terjadi inflasi harga yang merugikan masyarakat.

“Inflasi harga dapat mengganggu distribusi maupun ketersediaan pangan di lapangan. Begitu juga dengan bahan bakar minyak (BBM), kami meminta kepada masyarakat untuk melakukan monitoring ketersediaan stok dan memberikan dukungan kepada Pertamina, agar dapat melayani masyarakat dengan baik,”harap dia.

Disebutkan, semua kegiatan pengamanan itu dipastikan benar-benar siap melalui apel gelar pasukan di Polres Gunung Mas. Dalam melakukan pengamanan, seluruh personel dan sarana prasarana harus siap digunakan.

“Kami berharap, dengan persiapan dan pengamanan yang dilakukan pada perayaan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Gunung Mas bisa berlangsung dengan optimal dan sungguh-sungguh menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat Gunung Mas,” tutupnya. (Ale)