Kaleidoskop 2023 Pemkab Kobar, Optimis Pembangunan di Tahun 2024 Lebih Meningkat

IST/Ilustasi - Kang Maman.

Oleh : Maman Wiharja (Wartawan Senior – beritasampit.com)

Usia setahun atau 12 bulan bagi perjalanan pembangunan di semua daerah mulai dari tingkat Provinsi, Kota dan Kabupaten, yang telah memiliki visi dan misinya selama 5 tahun, waktu setahun tersebut merupakan waktu yang cukup pendek karena baru menetaskan berbagai program kerjanya yang telah tertuang dalan visi dan misinya.

Namun selama 1 tahun, sebut saja tahun 2023, roda pembangunan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), yang dipimpin Penjabat (Pj) Bupati Kobar Dr. H. Budi Santosa Sudarmai, M.Si, yang tidak membawa bekal visi-misi 5 tahun, kalau dihitung sampai tahun 2024  baru menjabat sekitar 7 bulan (Senin, 22 Mei 2023 Dr. H. Budi Santosa Sudarmadi,M.Si dilantik Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran), yang didampingi Plh. Sekda Kobar Prof. Dr. Ir Juni Gultom, ST. MTP, sebagai ‘motor’ pembangunan, pengamatan penulis kinerja H. Budi Santosa selama 7 bulan termasuk luar biasa.

Luar biasanya, lantaran dengan waktu 7 bulan seluruh kecamatan dan sejumlah kelurahan, desa di pelosok Kabupaten Kobar telah dikunjunginya sambil mengecek pembangunan, sekaligus menampung aspirasi pembangunan dari Camat, Lurah, Kepala Desa dan masyarakat.

Bahkan beberapa informasi terkait hasil pembangunan ada yang rusak berat misal sekolahan Pj. Bupati langsung meninjau kelokasi sekolahan dipelosok desa. Juga, saat Dinas Pertanian berhasil nelelorkan programnya antara lain akan panen sejumlah tanaman palawija dan panen padi. Pj. Bupati pun diundang untuk melaksanakan panennya.

Juga kegiatan Pj.Bupati Kobar H. Budi Santosa, seperti menyerahkan bansos sembako, memberi bantuan ke Panti Auhan dan Lansia, serta bonus kepada sejumlah atlit olahraga. Dan banyak legi kegiatan Pj.Bupati Kobar, yang tidak bisa disebutkan satu persatunya ( karena terlalu panjang.red ).

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Buka Pasar Wadai, H. Budi Santosa : Sebentar Lagi Akan Digelar Pasar Murah Ramadan

Melihat fakta fenomena kinerja Pj. Bupati Kobar H.Budi Santosa, yang didukung sepenuhnya oleh seluruh SKPD, pengamatan penulis selama tahun 2023 pembangunan di Kabupaten  Kobar, mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan selama tahun 2023 telah berhasil, sedikitnya 19 prestasi/penghargaan.

Seperti disampaikan Pj. Bupati Kobar H. Budi Santosa, melalui Plh. Sekda Kobar Juni Gultom, selama tahun 2023 Pemkab Kobar sedikitnya telah meraih 19 Penghargaan.

Adapun Penghargaan yang Diraih:

  1. Bupati Kotawaringin Barat Menerima Penghargaan Primaniyarta 2023 dari Kemanterian Perdagangan RI.
  2. Kabupaten Kotawaringin Barat Berhasil Meraih Penghargaan Kabupaten Kota Sehat (KKS) Tahun 2023.
  3. Kabupaten Kotawaringin Barat Menjadi Juara Umum MTQH ke-31 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023.
  4. Kabupaten Kotawaringin Barat Menjadi Juara Umum Pekan Daerah Petani Nelayan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023.
  5. Kabupaten Kotawaringin Barat Menjadi Juara Umum MTQ KORPRI Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.
  6. Kabupaten Kotawaringin Barat Mendapatkan Penghargaan Pahari Award dari Bank Indonesia Kalimantan Tengah sebagai Kabupaten dengan Kemajuan Digitalisasi Ekonomi Daerah Terbaik se-Kalimantan Tengah.
  7. Kabupaten Kotawaringin Barat Memperoleh Peringkat 1 Nasional Kinerja Penyaluran DAK Fisik Tahap 1 Tahun 2023.
  8. Capaian SPM tertinggi untuk Periode Pelaporan Triwulan II se Provinsi Kalimantan Tengah.
  9. Juara Umum 02SN Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan Mewakili ke Tingkat Nasional.
  10. Peningkatan Kategori Kabupaten Layak Anak dari Pratama ke Madya berdasarkan Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 160 Tahun2023.
  11. Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional Tahun 2023.
  12. Berdasarkan Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (PTLRHP) BPK Perwakilan Kalteng, Kab. Kotawaringin Barat menduduki peringkat tertinggi se-Kalteng dengan capaian 96,86%.
  13. Peringkat 16 Nasional Status Indeks Desa Membangun (IDM) 2023 dengan status Mandiri.
  14. Juara umum PKK Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.
  15. TOP BUMD AWARD 2023 dengan Predikat Bintang Lima untuk Perumdam Tirta Arut.
  16. Tebaik kedua wilayah Kalteng sebagai Kabupaten yang memiliki Jaminan Sosial Tenaga Kerja untuk Tenaga Kerja rentan.
  17. Penghargaan UHC Award atas capaian Jaminan Kesehatan bagi masyarakat.
  18. Terbaik kedua PPKM Award Kabupaten/ Kota wilayah Kalimantan.
  19. Penghargaan 75 Desa Wisata terbaik untuk Desa Pasir Panjang.
BACA JUGA:   Berdiri Tahun 1961 dengan Modal Dasar Rp10 Juta, Bank Kalteng Sekarang Berhasil Menumbuhkan Aset Sampai Rp15,19 Triliun (Bagian 01)

Plh. Sekda Kobar Juni Gultom, atas peraihan sejumlah penghargaan tersebut berkat dukungan semua pihak, khususnya seluruh masyarakat Kabupaten Kobar.

“Dan sekecil apapun upaya yang kita laksanakan, semoga mendapat ridho dari Allah Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga manfaatnya akan besar bagi kita semua,“ jawab Juni Gultom, saat dikonfirmasi penulis.

Sementara, Pj. Bupati Kobar H. Budi Santosa Sudarmadi dalam sambutan pidatonya pada acara menyambut tahun baru 2024 di lokasi sekitar Tugu Bundaran Pancasila Pangkalan Bun, ia meminta kepada seluruh OPD agar lebih meningkatkan disiplin, terutama ketepatan waktu dalam merealisasikan beragam program yang bersumber dari APBD 2024.

Setiap OPD harus benar-benar mengoptimalkan anggaran yanga ada, seiring dengan keterbatasan, otomatis kita tidak bisa mengcover semua keinginan masyarakat . Dan tidak kalang penting, pada tahun ini bertepatan dengan pelaksanaan agenda politik yakni Pemilu 2024 .

“Saya minta agar seluluruh ASN dilingkungan Pemkab Kobrar harus tetap netral dan tidak boleh ikut campur dalam persoalan politik,“ kata H. Budi Santosa Sudarmadi.

Hal ini, agar persoalan program kerja seluruh OPD tidak terhambat dan jangan sampai pesta demokrasi, yang sebentar lagi akan berlangsung malah menghambat serapan anggaran.***