Character Building FAD Bentuk Karakter Anak 

ENN/BERITA SAMPIT - Pj Bupati Sukamara dan Sekda Sukamara saat bersama anak-anak FAD.

SUKAMARA – Dalam rangka membentuk karakter anak di Sukamara, Pemerintah Kabupaten Sukamara menggelar Character Building Forum Anak Daerah yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Sukamara, Sabtu 6 Januari 2024.

Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor saat membuka kegiatan mengatakan bahwa Forum Anak adalah organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia.

“Forum Anak Kabupaten yang telah dibentuk tentu akan kita fasilitasi untuk melakukan komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di lingkungan Kabupaten Sukamara dal rangka pemenuhan hal partisipasi anak,” kata Kaspinor usai membuka kegiatan Character Building Forum Anak Daerah.

BACA JUGA:   Diskeptan Sukamara Kembali Gelar Pasar Penyeimbang

Kaspinor menerangkan jika Character Building memiliki peran penting dalam membentuk karakter seseorang. Proses pembentukan karakter, baik disadari maupun tidak, akan memengaruhi cara individu tersebut memandang diri dan lingkungannya. hal itu akan tercermin dalam perilakunya sehari-hari.

“Lembaga formal atau sekolah, informal (keluarga), maupun nonformal (pengajian, pelatihan) sebagaimana kegiatan kita ini merupakan upaya membentuk karakter anak yang positif,” terang Kaspinor.

BACA JUGA:   Sukseskan Program PPTPKH, Pj Bupati Sukamara Siapkan Beberapa Langkah

Dalam kesempatan itu, Kaspinor berpesan kepada ratusan anak yang mengikuti kegiatan tersebut agar kedepannya dapatengembangkan karakter serta dapat memberikan pembekalan kepada Forum Anak mengenai hak anak, dan bagaimana peran mereka sebagai Pelopor dan Pelapor dalam pemenuhan hak anak, perlindungan khusus anak serta memberikan ruang partisipasi anak dalam pembangunan, mengembangkan rasa nasionalisme, kebhinekaan, persaudaraan dan mempertahankan nilai-nilai luhur budaya dan karakter bangsa,

“Harapan saya setelah mengikuti kegiatan ini bisa ditularkan kepada teman-temannya,” tukas Kaspinor. (enn)