Sekda Katingan Ajak Semua Pihak Wujudkan Pembagunan Katingan Lebih Maju

IST/BERITA SAMPIT — Suasana Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Katingan tahun 2025-2045 di Aula Lantai II Bappedalitbang Kabupaten Katingan, Jumat 5 Januari 2024.

KASONGAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan menggelar Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Katingan tahun 2025-2045 di Aula Lantai II Bappedalitbang Kabupaten Katingan, Jumat 5 Januari 2024.

Dalam sambutannya Sekda Katingan Pransang menyampaikan, untuk memenuhi tahapan dalam penyusunan RPJPD Kabupaten Katingan tahun 2025-2045 sesuai ketentuan Pemendagri 86 Tahun 2017, dimana Forum Konsultasi Publik dilaksanakan paling lambat bulan keempat setelah rancangan awal disusun dan untuk memperoleh masukan penyempurnaan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Katingan 2025-2045.

“Perencanaan pembangunan daerah adalah suatu proses untuk menentukan kebijakan masa depan, melalui urutan pilihan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan, guna pemanfaatan pengalokasian sumber daya yang ada dalam jangka waktu tertentu dan dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah jangka panjang Kabupaten Katingan tahun 2025-2045, mengacu pada visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2025-2045 Indonesia Emas 2045,” ungkap Pransang.

BACA JUGA:   Bocah 5 Tahun Meninggal Dunia Diduga Akibat Salah Tembak

Selain itu kata Pransang untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara nusantara berdaulat, maju dan berkelanjutan serta mengacu visi RPJPN Provinsi Kalimantan Tengah 2025-2045 yaitu Kalimantan Tengah menuju provinsi tangguh yang bangkit, melaju, terarah dan berkelanjutan.

“Saya berharap sehingga penjabaran dari arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun yang disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Kabupaten Katingan Tahun 2025-2045,” katanya.

Sementara itu dia juga mengungkapkan bahwa dapat terarah dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kalimantan Tengah dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Saya mengajak semua peserta yang hadir agar dapat memberikan saran dan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kabupaten Katingan tahun 2025-2045 untuk pembanguan Kabupaten Katingan 20 tahun ke depan,” ucapnya.

BACA JUGA:   Satpol PP Katingan Imbau Pengusaha Tidak Menjual Miras Selama Ramadan

Lebih lanjut dia menyapampaikan bahwa tidak menginginikan pembangunan di Kabupaten Katingan pada 20 tahun yang akan datang tertinggal dibandingkan dengan daerah lain.

“Saya berharap perlunya komitmen dan kerja keras kita bersama dalam merumuskan pilihan arah kebijakan untuk mewujudkan cita-cita pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaen Katingan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Anggota DPRD, perwakilan dari seluruh Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Katingan, Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah, Asisten II Setda dan perwakilan dari Staf Ahli Bupati Katingan, perwakilan dari para Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Katingan beserta jajarannya, perwakilan dari Camat se-Kabupaten Katingan, Kepala/Badan OPD Kabupaten Katingan, Akademisi, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

(Bitro)