Kunker ke Perpustakaan Nasional, Ini Kata Pj Bupati Pulang Pisau

IST/BERITA SAMPIT – Kunker Pj. Bupati Pulpis ke Perpustakaan Nasional RI di Jakarta.

PULANG PISAU – Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) di Jakarta, Selasa 09 Januari 2024.

Pj Bupati Pulang Pisau beserta jajarannya di sambut langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Mariana Ginting, beserta jajaran di ruang Rapat Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelola Naskah Nusantara. Maksud dari Kunjungan tersebut dalam rangka Audiensi Program Layanan dan Pengembangan Perpustakaan.

Pj Bupati Pulang Pisau Hj. Nunu Andriani dalam sambutannya mengatakan berterima kasih kepada Perpustakaan Nasional RI yang sudah menyambut baik kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau yang mana hasil dari Sharing serta audiensi terkait dengan pelayanan di bidang Perpustakaan terkait dengan tingkat kegemaran membaca.

“Saya mengucapkan terima kasih Kepada Ibu Deputi yang sudah menerima kunjungan kami di Perpustakaan Nasional, yang mana kunjungan kami ini lebih kepada sharing dalam hal layanan pada masyarakat terkait meningkatkan tingkat kegemaran membaca, yang pasti berdampak pada lingkup literasi di Kabupaten Pulang Pisau,” ucapnya.

Dalam kunjungan tersebut juga Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau beserta Perpustakaan Nasional melaksanakan kerja sama terkait peningkatan layanan perpustakaan yang terkoneksi dari Perpustakaan Nasional RI Ke Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

“Pada hari ini kita juga melakukan kerja sama terkait dengan Program Kartu Sakti (Satu Kartu Terintegrasi) yang manfaatnya sangat besar yang nantinya bisa terkoneksi dari Pulang Pisau untuk mendapatkan layanan berbasis digital dari Perpustakaan Nasional,” tambahnya.

Kartu Sakti merupakan kartu layanan perpustakaan dengan pelayanan terpadu berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Sakti mengintegrasikan Layanan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas RI) dengan perpustakaan daerah sehingga anggota yang terdaftar di Perpustakaan Kabupaten Pulang Pisau telah otomatis terdaftar sebagai anggota Perpustakaan Nasional RI.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Dra. Mariana Ginting mengucapkan terima kasih telah berkunjung di Perpustakaan Nasional harapannya dengan kunjungan tersebut Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau bisa Aplikasikan Program yang ada pada Perpustakaan Nasional RI.

“Jadi harapan kami dengan adanya kunjungan ini kiranya terkait program perpustakaan Nasional bisa di Replikasi di Daerah, yang nantinya bisa berguna untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat,” ucapnya.

Pj. Bupati Pulang Pisau Hj. Nunu Andriani didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pulang Pisau drg. Sopiyah, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Pulang Pisau Deni Widanarni beserta jajaran di lingkungan Pemkab Pulang Pisau. (Denny)