Mengenal Dekat AKBP Yusfandi Usman,S.I.K.,M.I.K yang Baru Bertugas di Wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat

IST/BERITA SAMPIT - Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman, bersama istri Ny. Dwi Yusfandi, didampingi Wakapolres Kobar AKP Wihelmus dan istri, yang baru datang ke Polres Kobar disambut Upacara Adat Kesultanan Kutaringin.

Oleh: Maman Wiharja (Wartawan Senior – beritasampit.com)

Ada pribahasa atau pepatah mengatakan, “ Tak kenal maka tak sayang “, dalam artian apabila kita tidak mengenal seseorang, maka kita tidak memiliki perhatian kepada orang tersebut, atau siapakah sebenarnya orang tersebut.

Pribahasa tersebut, oleh penulis dikaitkan  dengan mengenal dekat bersama AKBP Yusfandi Usman, yang baru bertugas, di  Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), yang berjuluk Bumi “ Marunting Batu Aji “ (Menuju Kejayaan).

Adalah Selasa 2 Januari 2024, hari yang kembali menggoreskan agenda sejarah bagi jumlah Kapolres yang baru bertugas di Wilayah Hukum Polres Kobar, menyusul hari itu juga  marupakan hari yang cukup bersejarah bagi AKBP Yusfandi Usman,S.I.K., M.I.K, bersama Istri Ny. Dwi Yusfandi , yangjuga Ketua Bhayangkari Kabupaten Kobar.

Karena pada hari Selasa tersbut, hari pertama kedatangannya ke Kantor Polres Kobar disambut Upacara Adat Kesultanan Kutaringin, yang langsung di pimpim Pangeran Muasyidjidinsyah, Menteri  Dalam Kesultanan Kutawaringin Pangkalan Bun.

AKBP Yusfandi Usman,S.I.K., M.I.K. adalah seorang perwira menengah (Pamen), merupakan Alumni Akpol 2003. Sebelumnya bertugas di Polres Kabupten Barito Selatan (Barsel), dan pernah mengemban jabatan sebagai Kasubbid Provos Bidpropam Polda Kalimantan Tengah (Kalteng).

BACA JUGA:   Kapolres Kobar dan Insan Pers Bagikan Takjil dan Buka Puasa Bersama

Karier dan prestasi  AKBP Yusfandi Usman, selama bertugas di Polres Barito Selatan cukup baik dan cemerlang karena berhasil sekaligus meraih 4 Penghargaan Nasional dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

Di tahun 2022  meraih Penghargaan Predikat Wilayah Birokasi Bersih melayani (WBBm). Tahun 2023, meraih Penghargaan Pelayanan Publik sangat baik menuju Pelayanan PRIMA,khusus Kelompok Rentan.

Sudah tujuh hari AKBP Yusfandi Usman bertugas di Polres Kobar penuh dengan kesibukan, menyongsong acara pesta demokrasi Pemilu 2024, tentunya dalam tugasnya akan difokuskan untuk pengamanan Pemilu 2024.

Seperti disampaikan Kapolres pada awal pertama menggelar Apel, mengimbau seluruh personelnya untuk lebih terbuka dalam hal melihat perkembangan situasi kamtibmas dan dinamika penduduk yang ada di wilayah hukum Polres Kobar sebab hal ini dapat berubah dengan cepat, untuk itu harus lebih sensitif dan siap menghadapi ketidakpastian situasi. Jangan tertutup, buka mata, buka telinga dan tetap waspada.

Selain itu, Kapolres juga mendorong anggota untuk berpikir ke depan, menganalisis, dan menghasilkan ide-ide yang perlu dilaksanakan di lapangan.  Sinergitas dan kolaborasi dengan pihak terkait, termasuk penyelenggara, masyarakat, dan unit internal Polri, untuk memastikan agar Pemilu berjalan lancar dan damai .

BACA JUGA:   Launching Rekam Medik Elektronik RSSI Pangkalan Bun Diwarnai Buka Puasa Bersama

Kapolres juga menekankan kepada seluruh anggotanya, sebagai anggota Polri sifatnya hanya satu yakni harus bersikap netral, pahami dan tanamkan di benak rekan-rekan apa yang harus kita lakukan dan apa yang tidak perlu kita lakukan.

Kapolres AKB Yusfandi Usman, yang baru tujuh hari tugas di Kabupaten Kobar juga selalu ingat kepada mereka ‘ yang kurang mampu’, maka pada kunjungan kerja pertamanya ke Polsek Aruta, Kapolres Kobar membagikan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu.

Menyusul kesibukan kerja lainnya selama 7 hari, selain berkunjung ke Polsek Aruta juga, menghadiri ‘Minum Kopi’ Bersama Pj. Bupti Kobar H. Budi Santosa dan Ketua DPRD Kobar serta Unsur Forkopimda Kobar, yang di gelar KPU, sambil zoom metting arahan KPU Kalteng, menyongsong Pemilu 2024.

Juga mengontrol dan mengecek ratusan ribu kertas suara yang belum dan sudah disortir dan dilipat oleh 100 petugas KPU Kabupaten Kobar.

Selamat Datang Pak Kapolres, Mari kita bantu dan dukung seluruh kinerja jajaran Polres, agar Kabupaten Kobar jelang dan sesudah Pemilu 2024 lebih kondusip, SEMOGA***