Produk Tak Berizin Akan Merugikan Daerah

HARDI/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Henry M Yoseph.

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Henry M Yoseph menyampaikan, produk tak berizin akan merugikan daerah, karena tidak membayar pajak, dan juga berbahaya bagi masyarakat apalagi itu produk yang berkaitan dengan makanan, minuman, kosmetik, dan sebagainya.

“Produk tak berizin masuk ke Kalteng perlu diawasi secara ketat, karena ini bisa merugikan dan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat luas. Perlu upaya ekstra dalam pengawasan supaya produk ilegal tidak masuk Kalteng,” ucapnya, Minggu 14 Januari 2024.

BACA JUGA:   Peran Aktif Pemda Mengoptimalkan Potensi Daerah Sangat Penting

Ia menambahkan, dalam hal pengawasan tidak mudah dilakukan, sebab oknum-oknum pengedar produk ilegal, tentu memiliki cara tersendiri supaya tidak terdeteksi, ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pihak berwenang.

“Jadi pengawasan itu harus ketat baik di bandara, pelabuhan, perbatasan antardaerah maupun antarnegara, sebab kebanyakan produk ilegal ini ada yang diimpor dari luar negeri serta di produksi dalam negeri,” lugasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada masyarakat supaya senantiasa berhati-hati terhadap produk-produk tak berizin, sebab hal itu akan dapat membahayakan bagi diri sendiri terlebih produk makanan, minuman, kosmetik serta lainnya yang menjadi kebutuhan.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

“Masyarakat jangan tergiur dengan harga yang murah, dan sebelum membeli juga produk itu harus diteliti apakah ada izin BPOM, dan lain sebagainya yang menandakan bahwa produk itu resmi. Instansi terkait juga perlu melakukan tindakan dengan rutin melakukan sidak lapangan,” tandasnya. (Hardi)