Debit Air Sungai Jelai Naik, Masyarakat Diminta Waspada

ENN/BERITA SAMPIT - Naiknya debit air Sungai Jelai mulai dirasakan masyarakat.

SUKAMARA – Hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Sukamara membuat debut air Sungai Jelai naik hal ini juga ditambah air kiriman dari wilayah Kalimantan Barat yang menambah tinggi debut sungai pembatas wilayah Kalimantan Tengah dan Kalbar.

Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor mengingatkan warga yang tinggal di bantaran Sungai Jelai untuk waspada terhadap naiknya debut air sungai tersebut.

“Terjadinya peningkatan debit air Sungai Jelai karena adanya banjir kiriman diwilayah Balai Riam dan Permata Kecubung yang airnya turun ke Sungai Jelai,” kata Kaspinor, Senin 15 Januari 2024.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upaya Semua Desa Terjangkau Sinyal Telekomunikasi

Kaspinor menerangkan jika banjir kiriman dari wilayah Utara Sukamara dan hal itu merupakan dampak dari banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Balai Riam dan Permata Kecubung serta wilayah Kalimantan Barat.

“Jadi perkiraan banjir kirim dari wilayah utara ke wilayah selatan kurang lebih satu pekan yang merupakan dampak banjir kemarin dimana sebagian wilayah di utara sudah surut dan lari ke Sungai Jelai,” terang Kaspinor.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upayakan Kepastian Hukum Aset Masyarakat dalam Kawasan Hutan

Kaspinor mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Jelai untuk waspada terhadap naiknya debit air Sungai Jelai dan mulai melakukan antisipasi sehingga tidak terjadi kerugian yang parah.

“Saya mengimbau untuk waspada dan mulai lakukan antisipasi dan sekarang sudah ada pos-pos jaga untuk selalu memantau perkembangan debit air sungai,” tukas Kaspinor. (enn)