Literasi Digital Penting Ditanamkan Kepada Setiap Individu Masyarakat

HARDI/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Toga Hamonangan Nadeak.

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Toga Hamonangan Nadeak menyampaikan, literasi digital penting ditanamkan kepada setiap individu masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait berbagai isu yang berkembang.

“Di tahun politik, seperti yang kita ketahui sering beredar informasi hoaks ditengah-tengah masyarakat, dan ketika literasi digital itu kurang dipahami maka informasi bohong akan mudah diterima,” katanya, Rabu 17 Januari 2024.

Ia menambahkan, sangat penting adanya sosialisasi atau edukasi terkait literasi digital disampaikan kepada seluruh elemen masyarakat, sehingga nantinya mereka bisa menyaring informasi yang beredar.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

“Informasi tidak benar atau hoaks apabila diterima dengan mudah maka itu akan membuat suasana tidak kondusif dan bisa menimbulkan konflik. Literasi digital penting ditekankan agar masyarakat bisa lebih paham terhadap kebenaran informasi,” lugasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada masyarakat supaya dapat lebih teliti dan bijak dalam menyikapi sebuah informasi yang beredar terutama melalui media sosial, jangan sampai mudah percaya terhadap informasi apalagi itu mengarah pada hal negatif serta provokatif.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Dorong Perda Diimplementasikan Dengan Baik

“Informasi yang diterima atau dibaca itu harus disaring terlebih dahulu, cari kebenarannya jangan langsung percaya. Saya meyakini masyarakat khususnya di Kalteng paham akan hal itu, namun penting juga bagi kita memperkuat literasi digital tersebut,” pungkasnya. (Hardi)