Meningkatkan Kualitas Penyusunan RPD Melalui Peran Indikator Kinerja Perangkat Daerah

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong.

KUALA KURUN – Penyusunan rencana pembangunan daerah menjadi suatu hal yang sangat penting untuk menentukan arah kebijakan dan program pembangunan di suatu daerah. Kabupaten Gunung Mas juga tidak terkecuali dan telah memulai penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 sejak awal bulan Desember tahun 2023.

Saya meminta agar seluruh perangkat daerah untuk terus meningkatkan penyusunan RKPD ini. Selain itu perangkat daerah harus lebih mencermati indikator kinerja utama dan indikator kinerja kunci yang sudah dipetakan oleh Bappedalitbang. Hal ini diharapkan dapat membantu perangkat daerah dalam menyusun RKPD yang lebih baik dan efektif,” ungkap Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong belum lama ini.

BACA JUGA:   Pengurus DPD KNPI Gunung Mas Masa Bakti 2024-2027 Dilantik

Lebih lanjut dikatakannya, perangkat daerah juga diminta untuk menggunakan metode SMART dalam menetapkan indikator kinerja. SMART singkatan dari spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, relevan, dan tercapai tepat waktu.

“Dengan menggunakan metode SMART, maka setiap indikator kinerja yang ditetapkan dapat lebih jelas, terukur, dan sesuai dengan tujuan pembangunan yang kita harapkan kedepannya,” tutur dia.

Dimana kata dia, indikator kinerja sangatlah penting dalam proses penyusunan RKPD, karena dengan menggunakan indikator kinerja, maka program dan kebijakan pembangunan dapat diukur keberhasilannya. Selain itu, indikator kinerja juga dapat menjadi tolak ukur dalam mengevaluasi kinerja dari suatu program atau kebijakan.

BACA JUGA:   Cegah Inflasi, Pemkab Gunung Mas Buka Pasar Penyeimbang di Beberapa Tempat

“Dalam penggunaan indikator kinerja, perlu diingat bahwa keberhasilan pelaksanaan kebijakan dan agenda pembangunan Kabupaten Gunung Mas hanya dapat terwujud dengan dukungan semua pemangku kepentingan. Oleh karena itu, melalui forum ini diharapkan dapat terjalin sinergi antar perangkat daerah dan pemangku kepentingan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gunung Mas,” harap Jaya Samaya Monong.

Dengan meningkatkan kualitas penyusunan RKPD kata dia, melalui penggunaan indikator kinerja, diharapkan Kabupaten Gunung Mas dapat lebih maju dan berkembang.

“Tentunya, dukungan dan partisipasi semua pihak sangatlah penting dalam menjadikan Kabupaten Gunung Mas sebagai daerah yang maju, mandiri dan berdaya saing,”tutup dia. (Ale)