OPD Harus Terlibat Aktif Dalam Mencapai Target PAD

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Gunung Mas Arit S. Bajau

KUALA KURUN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Arit S. Bajau meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat untuk terlibat aktif dalam mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2024.

“Komitmen dalam mencapai target pendapatan daerah harus menjadi prioritas utama pemerintah daerah, mengingat kondisi perekonomian baik di tingkat nasional maupun lokal yang menuju posisi yang positif,” ungkap Arit S. Bajau, Selasa 16 Januari 2024.

Lebih lanjut dikatakannya, ada beberapa langkah konkret yang dapat diambil oleh pemerintah daerah, antara lain memperkuat kelembagaan, meningkatkan intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan, meningkatkan koordinasi antara pusat dan daerah, serta meningkatkan pembagian dividen dan penyertaan modal pemerintah.

BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas

“OPD harus meningkatkan peran dan fungsi Unit Pelaksana Teknis (UPT) serta pengelolaan retribusi daerah lainnya. Pemerintah daerah diharapkan aktif dalam memperoleh dana dari pemerintah pusat, seperti dana bagi hasil dari pengelolaan sumber daya alam yang berasal dari Kabupaten Gunung Mas,” tuturnya.

Selain itu kata dia, dalam APBD tahun anggaran 2024, prioritas belanja daerah sebaiknya difokuskan pada perbaikan sarana dan prasarana jalan, jembatan, serta sarana pendidikan dan kesehatan yang mengalami kerusakan.

BACA JUGA:   Dewan Tegaskan Penting Terus Pantau Kondisi Anak Melalui Posyandu

“Tujuannya adalah agar fasilitas-fasilitas tersebut dapat digunakan dengan baik dan memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat di Kabupaten Gunung Mas,” beber Arit.

Dalam pencapaian target realisasi belanja daerah tersebut, penting dalam penilaian pelaksanaan APBD yang berbasis pada kinerja. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap serapan anggaran yang ada.

“Maka program kegiatan strategis yang bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat dan program-program di berbagai sektor lainnya dapat direalisasikan sesuai dengan tujuan yang diharapkan,” ujarnya. (Ale).