Buka Forum Petani Sawit Swadaya, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

BITRO/BERITASAMPIT — Pj Bupati Katingan Saiful saat memberikan sambutan kegiatan forum petani sawit swadaya.

KASONGAN — Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful membuka kegiatan forum petani sawit swadaya Kabupaten Katingan tahun 2024, bertempat di Aula BPKAD pada Kamis 18 Januari 2024.

Dalam sambutannya Pj Bupati Katingan Saiful mengatakan, bahwa pertanian, kehutanan dan perikanan menjadi sektor yang paling besar kontribusinya terhadap struktur ekonomi di Kabupaten Katingan.

“Selain berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, sub sektor perkebunan membuka lapangan pekerjaan yang banyak menyerap tenaga kerja di Katingan, yakni 7.528 orang terdiri dari 5.239 orang laki-laki dan 2.089 orang perempuan,” ungkap Saiful.

Selain itu kata Saiful ada salah satu subsektor pertanian yang cukup berkembang di Katingan adalah perkebunan yang didominasi kelapa sawit dan karet. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Katingan tahun 2022 mencatat produksi subsektor perkebunan kelapa sawit sebesar 16.080,71 ton dan karet 2.769,92. Subsektor perkebunan ini diduga akan berkembang dengan cepat, terutama kelapa sawit.

BACA JUGA:   Petugas Pemilu KPU dan Bawaslu di Katingan Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

“Sebagai komoditas baru, sawit telah diterima oleh masyarakat Katingan dan mulai diandalkan untuk menopang perekonomian rumah tangga pekebun,” katanya.

Menurut dia hingga tahun 2023 di Kabupaten Katingan terdapat 30 perusahaan yang memiliki izin usaha perkebunan dengan total luas 293.508 hektar, namun kebun inti yang telah ditanami baru seluas 47.962,59 hektar dan plasma seluas 13.570,15 hektar plasma inti dan penyertaan.

BACA JUGA:   Sembilan Desa di Katingan Terisolir Jaringan Telekomunikasi, Diskominfo Usulkan ke Pemerintah Pusat

“Jika disandingkan dengan angka luas tutupan kelapa sawit Kabupaten Katingan yang ditetapkan melalui Surat Keputusan menteri Pertanian Nomor 833/kpts/sr.020/m/12/2019 tahun 2019, yakni 298.606,58 hektar,” jelasnya.

Selain itu dia juga mengungkapkan bahwa dapat disimpulkan kebun kelapa sawit di Kabupaten Katingan didominasi oleh kebun kelapa sawit swadaya milik masyarakat, yakni sekitar dan 237.073 hektar.

“Sebagai komoditas unggulan, tentu keberadaan kelapa sawit ini kita harapkan dapat memberi andil besar terhadap pembangunan daerah, terutama dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pekebun,” pungkasnya.

(Bitro)